Bersama Jarak Aman, ARC R15 Jakarta Gelar Aksi Simpatik PAHALA

AlanBIKERS.com – Safety Riding Campaign adalah salah satu program kerja dari Adventurous Riders Club (ARC) R15 Jakarta, sebuah klub yang berbasis pengguna Yamaha R15 di Jakarta. Untuk merealisasikanya, mereka lakukan dengan kampanye turun ke jalan Jumat sore lalu di pertigaan Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta (01/06).

Aktifitas ini mereka beri nama ‘Selalu Ingat PAHALA (Pakai Helm di Kepala) setiap berkendara’, aksi simpatik ini mengajak pesepeda motor agar memakai helm saat berkendara, kapan dan dimana pun. Kegiatan ini dibarengi dengan aksi sosial lain, yakni membagikan 300 paket takjil dan stiker pesan keselamatan kepada pengendara bermotor yang melintas di  pertigaan tersebut.

“Disini kami bekerjasama dengan Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) dan Adira Insurance (I Wanna Get Home Safely), serta mendapat dukungan dari para bikers anggota dari Independent Bikers Club (IBC) Jakarta, Skills Jakarta,” ujar Bro Didit dari ARC R15 Jakarta selaku Ketua Pelaksana Aksi Simpatik Pahala.

Edo Rusyanto, Koordinator Jarak Aman yang turut dalam aksi ini menjelaskan, memakai helm saat berkendara merupakan ikhtiar mereduksi dampak terjadinya kecelakaan. Memakai helm menjadi jurus berkendara rendah risiko (low risk riding).

“Kami berharap, memakai helm menjadi sebuah kebutuhan, bukan semata kewajiban, perlu diingat bahwa sekitar 90% pesepeda motor yang meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan dipicu oleh luka di kepala dan leher,” ujar Edo.

Sementara itu, Ketua IBC Bro Rio menyampaikan, untuk memperkuat ajakan Pahala, pihaknya juga membagikan helm kepada sejumlah pesepeda motor. Pembagian helm menjadi simbolis soal pentingnya memakai helm bagi pesepeda motor. “Sambil membagikan helm, kami juga mengajak pesepeda motor untuk selalu pakai helm saat dia mengendarai motor,” ujarnya.

“Selain untuk saling berbagi, kegiatan ini kami lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mengutamakan keselamatan berkendara, mengajak para pengendara untuk membudayakan memakai helm di setiap aktivitas berkendara. Diharapkan dapat mengurangi fatalitas akibat kecelakaan lalulintas,” lanjut Bro Okta, Ketum ARC R15 Jakarta.

“Pokoknya, kalau naik motor harus selalu ingat Pahala (Pakai Helm di Kepala),” tutup Bro Didit.

 

16Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.