MBC DKI Jakarta Gelar Safety Riding Course Untuk Biker Motor Besar

Keselamatan berkendara di jalan atau safety ride berlaku untuk semua biker, mulai pengguna sepeda motor ber cc kecil hingga yang besar. Sudah lama hal ini disadari oleh Motor Besar Club (MBC) DKI Jakarta, salah satunya bentuknya dengan mengadakan praktek “Safety Riding Course” untuk para biker pengguna motor besar atau moge di Sentul International Karting Circuit atau Sentul Kecil, Bogor pada tanggal 28 Maret 2017 lalu.

Meskipun MBC DKI Jakarta yang berada dalam naungan MBC Indonesia ini cukup sering melakukan kegiatan safety riding, namun kali ini acara terasa istimewa. Selain peserta yang mencapai lebih dari 100 orang termasuk diantaranya 13 lady biker, kali ini juga diikuti biker dari beberapa klub selain anggota MBC, seperti HoBI (Honda Big Bike Owners Indonesia), Desmodona Indonesia, VICI (Victory Indian Motorcycle Club Indonesia), Pilotos, dan lainnya.

Dalam kegiatan ini peserta pun menggunakan berbagai jenis motor, seperti Harley-Davidson, Victory, Indian, BMW, Honda, Yamaha, Benelli. Mereka antusias mengikuti acara ini sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB diakhiri penerimaan sertifikat. “Mengendarai motor besar itu tidak mudah, untuk itu perlu diadakan safety riding,” ujar Toto Hendarto, Ketua MBC DKI Jakarta sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan ini.

Praktek safety riding ini dipandu oleh H. Dyan Dilato, instruktur senior yang juga anggota FIM, organisasi Internasional yang menaungi berbagai kegiatan motor dunia, diantaranya MotoGP. Antusiasme para biker dinilai Toto dan H. Dyan sebagai cermin dari makin meningkatnya minat atas kegiatan motor besar, serta keinginan biker untuk berkendara dengan aman dan nyaman.

Diantara peserta nampak beberapa biker muda yang datang bersama orang tua mereka yang terlebih dulu menggeluti hobi motor. “Anda memberikan warisan bagi anak-anak anda yang lebih daripada harta, yaitu ilmu dan attitude,” ujar H. Dyan kepada para orang tua yang membawa serta anaknya dalam kegiatan ini.

Dalam kesempatan ini H.Dyan kembali mengingatkan pentingnya safety gear saat berkendara, seperti sarung tangan, helm, pelindung punggung dan badan serta pelindung siku dan kaki. Kemudian ia menyampaikan berbagai teknik berkendara seperti posisi duduk, cara memegang setang, cara menikung, dan lain-lain.

Salah satu pendiri MBC pun ini mempraktekan teknik berkendara dengan  membawa salah seorang peserta untuk dibonceng, ia menegaskan bahwa untuk dapat melakukan riding yang nyaman dan aman, biker perlu memiliki mind-set yang benar.

Kegiatan di Sentul ini merupakan tahap kedua, sebelumnya tahap pertama telah dilaksanakan pada Minggu pekan lalu, 26 Maret 2017 dengan materi teori di Showroom Indian Motorcycle, Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.

 

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.