Bro Angga FotoFotoMoto : Inilah Persyaratan Masuk Timor Leste Untuk Kendaraan Bermotor

AlanBIKERS.com – Bro Angga ‘FotoFotoMoto’ dan Bro Adnan ‘Photology’ sedang menjalankan misi dari program ‘Pertamina Enduro Go Out & Adventure Reveal New Destination Jakarta Timor Leste’ riding menggunakan Suzuki GSX150 Bandit. Saat ini mereka sudah tiba di Timor Leste. Berikut sharing dari Bro Angga jika ingin riding memasuki wilayah Timor Leste.

Kalau untuk ridernya sudah pasti harus punya Paspor dan SIM C yang masih aktif. Untuk motor menggunalan Carnet De Passage yang harus dibuat di IMI (Ikatan Motor Indonesia) Jakarta. Sedangkan untuk warga asli yang berdomisili dan berkartu penduduk NTT tidak diperlukan Carnet.

Sebelum masuk Border kita ke kantor polisi yang ada didekat Border untuk membuat surat keterangan masuk kendaraan dari kepolisian Indonesia setempat, nanti STNK asli ditukar dengan surat tersebut, disini STNK harus hidup dan pajak tidak terlambat bayar. SIM, KTP, STNK, Paspor difoto copy rangkap tiga.

Jika semua sudah siap kita bisa masuk Border untuk motor dulu, setelah motor sudah masuk barulah ridernya masuk melalui pintu pemeriksaan untuk di stamp paspor. Saat motor diperbolehkan masuk/keluar dari wilayah indonesia akan di berikan surat/berkas pengantar kendaraan untuk diperiksa di border Timor Leste.

Memasuki Timor Leste, semua barang bawaan (tas) yang kita bawa dimotor wajib dilepas untuk discan masuk (seperti di airport), lalu membayar tax USD30 untuk motor dan orang.

Selesai semua kita diperbolehkan melintas Timor Leste, tapi sebelumnya akan ada pemeriksaan kembali dari kepolisian Timor Leste untuk memeriksa dokumen dan surat pengantar dari kepolisian Indonesia, kalau semua sudah beres, barulah kita bisa melintas di Timor Leste.

Tips dari kami, selalu senyum dan menyapa, karena wajah petugas semua datar dan sangar (memang SOP nya seperti itu) tapi setelah kita melempar senyum lebih dulu mereka akan lebih welcome terhadap kita.

0Shares

alanbikers

Alanbikers.com hadir sebagai media yang secara khusus mengangkat semua yang terkait dengan dunia bikers, khususnya bikers Indonesia. Berbekal pernah berkerja selama 7 tahun (Maret 2008 – Februari 2015) di majalah Bikersmagz, sebuah media cetak yang sangat konsen kepada dunia bikers, Alanbikers.com ingin menjadi media informasi dan komunikasi serta interaksi antar bikers dari berbagai kalangan, mengangkat berita seputar bikers secara lengkap, tidak hanya gaya hidup, tapi juga produk atau brand pendukungnya, seperti sepeda motor, spare parts, accessories serta perlengkapan safety gear.

One thought on “Bro Angga FotoFotoMoto : Inilah Persyaratan Masuk Timor Leste Untuk Kendaraan Bermotor

  • 26/03/2020 pada 3:27 pm
    Permalink

    kalau Mahasiswa Timor leste yang membahawa motor plat Indonesia ke Timor leste bisa ga

Tinggalkan Balasan