Bro Gunadi FRI : Inilah Tips Mengendarai Sepeda Motor di Jalanan Bersalju

AlanBIKERS.com – Bro Gunadi, salah satu Founder sekaligus Ketua Umum Freeriders Indonesia (FRI) pernah menginjakan kakinya di jalan tertinggi di dunia, puncaknya pengunungan Himalaya, Khardung La, India tanggal 7 Oktober 2018 silam.

Dia telah menempuh jarak sekitar 15.000 kilometer selama 70 hari dengan riding menggunakan Viar Vortex 250 yang mengawali perjalanannya tanggal 26 Agustus 2018 dari kantor Kementrian Perhubungan, Jakarta.

Berikut ini Bro Gunadi membagikan tips yang dibuat oleh Indonesian Overlander Forum (I.O.F) tentang bagaimana berkendara dengan sepeda motor atau riding di jalanan bersalju. I.O.F sendiri dibentuk oleh Bro Gunadi sebagai forum atau wadah untuk informasi dan komunikasi overlander Indonesia.

Berikut Tipsnya :

1. Slow Down

Jalankan motor dengan sangat pelan dan ekstra hati-hati, karena akselerasi antara roda/ban dengan permukaan salju/es tidaklah cocok satu sama lain. Saat motor berjalan sangat pelan, usahakan kedua kaki tetap berpijak pada jalan sambil mengontrol mesin dan akselerasi putaran roda

2. Konsentrasi pada Jarak Pandang

Ketika salju turun sangat padat, jarak pandang mata seorang bikers menjadi berkurang, tetaplah fokus pada jalanan dan gunakan lampu kabut. Pada situasi tertentu lampu kabut tidak dapat menembus putihnya pandangan akibat badai salju

3. Hindari Jalan Tertutup Es Keras

Jika jalan berubah menjadi es padat, maka kendarai motor dengan mesin mati dan kedua kaki tetap berpijak di jalan. Namun, jika jalanan tertutup es hingga berpuluh-puluh kilometer, sebaiknya anda berhenti atau meminta pertolongan.

4. Usahakan Suhu Tubuh Tetap Hangat

Pada musim salju yang sangat lebat, suhu lingkungan di sekitar kita menjadi sangat dingin hingga minus derajat celcius. Tetap gunakan riding gear dan jaket/mantel berlapis, lindungi pergelangan tangan dan kepala, karena di cuaca eksterm (berdasarkan pengalaman Overlander Indonesia), tangan dan kepala akan menjadi sangat sakit/beku akibat panas suhu tubuh sudah tidak mampu lagi menahan tekanan suhu ekstrim dari luar, mata pun menjadi kering

5. Bensin/BBM dan Oli Membeku

Pada suhu minus – 15° celcius hingga -35° celcius, yang terjadi Siberia, Khardungla-Himalaya, dan Ulan Bator – Mongolia, umumnya mesin motor injeksi tidak akan dapat bekerja sempurna, beberapa motor bermesin karburator masih dapat hidup.

Untuk di jalan tertinggi di dunia, Khardungla-Himalaya, oksigen akan sangat tipis, bawalah tabung oksigen-traveller. Pada suhu ekstrem di minus derajat celcius, Batere Handphone, kamera, Go Pro dan sejenisnya akan menjadi cepat habis dalam hitungan detik saja. (Sumber : I.O.F)

0Shares

Tinggalkan Balasan