Gelar Bukber, RSA dan Klub/Komunitas Otomotif Diskusi Keselamatan Jalan

AlanBIKERS.com – Ada yang spesial dalam acara Buka Puasa Bersama (bukber) yang digelar Road Safety Association (RSA) Indonesia di studio Radio Bravos di kawasan Condet, Jakarta Timur, Minggu (10/6). Dalam bukber itu, sejumlah rekan dari organisasi otomotif (ormot) melakukan siaran langsung bersama RSA Indonesia yang disebarluaskan Radio Bravos.

Pembahasan dalam live talkshow itu mengupas soal peran ormot dalam keselamatan jalan.

“Peran ormot sangat besar dalam keselamatan jalan, karena klub atau komunitas otomotif punya eksklusivitas dan daya sebar yang masif untuk menyebarluaskan pesan-pesan keselamatan jalan,” kata Badan Kehormatan RSA Indonesia, Rio Octaviano membuka bahasan.

Sementara Ketua Umum RSA Indonesia, Ivan Virnanda menambahkan, ormot yang terbentuk atas visi dan misi yang sama di antara anggotanya menjadi aspek yang menguntungkan dalam penyebarluasan pesan keselamatan jalan.

“Virus road safety akan lebih mudah disebarluaskan dalam lingkungan yang memiliki kesamaan visi dan misi seperti yang ada di organisasi otomotif,” ujar Ivan.

Dalam talkshow yang dipandu penyiar Radio Bravos, Lala, Badan Pengawas RSA Indonesia, Lucky J. Subiakto mengingatkan bahwa ormot yang lahir dari dan di tengah masyarakat sudah semestinya berikan manfaat juga ke masyarakat. Termasuk menyampaikan pesan keselamatan jalan ke masyarakat.

“Ormot, klub komunitas otomotif sudah selayaknya bisa berikan manfaat ke masyarakat, karena mereka ada di tengah masyarakat. Jadi gak cuma ngumpul ngumpul kopdar touring. Sampaikan pesan road safety ke masyarakat,” kata Lucky.

Dalam kesempatan yang sama, Ryan dari Toyota Avanza Club Indonesia (TACI), Bani dari Honda Vario Club (HVC), Luhut dari Komunitas Intrachange, dan Yudo dari Jakarta Hayate Club (JHC) menjelaskan peran organisasi mereka masing-masing dalam keselamatan jalan.

Ryan mengatakan, TACI miliki program Driving With Manners (DWM), sebuah kesepakatan bersama soal berkendara aman, nyaman dan selamat yang harus dilaksanakan tiap anggota TACI.

“Dengan DWM diharapkan kehadiran TACI dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan yang dirasakan masyarakat,” ujar Ryan.

Sementara Bani mengungkapkan kalau HVC rutin melaksanakan safety campaign ke sekolah-sekolah. Dia mengaku, sudah belasan tahun HVC lakukan hal tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan oleh JHC, demikian yang disampaikan Yudo.

Sementara Luhut mengatakan, komunitasnya, Intrachange selama ini tengah melakukan kegiatan awareness kepada masyarakat khususnya anak-anak saat menggunakan transportasi publik.

Sumber: www.rsa.or.id

11Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: