Menyisipkan Sosialisasi Manfaat Helm di Sela Wisata

AlanBIKERS.com – Ratusan orang, bahkan lebih, asyik mahsyuk menikmati pesona dan belaian angin pantai Carita, Banten. Selain keindahan pantai dan birunya air laut, kawasan ini juga punya potensi hasil laut seperti ikan dan rumput laut.

Pantai utara laut Jawa yang satu ini termasuk favorit bagi warga yang ingin menikmati pesona wisata pantai. Mereka berdatangan dari berbagai kota, termasuk dari Jakarta. Maklum, jarak tempuh dari Jakarta ke Carita relatif dekat, yakni sekitar 177 kilometer dengan waktu tempuh berkisar empat hingga lima jam dengan berkendara mobil. Tentu, jika dalam kondisi lalu lintas jalan normal.

“Kami dari Jakarta 148 orang dengan tiga bus besar,” ujar Ceka, salah seorang wisatawan saat berbincang dengan saya.

Rombongan tersebut bagian dari kelompok ‘Libur Kecil Kaum Kusam’, yakni warga dari pinggiran Kota Jakarta Timur. Liburan itu merupakan tradisi tahunan dalam mengisi waktu libur Lebaran yang kebetulan pada 2018 rentang waktunya cukup panjang. Liburan sambil merajut silaturahmi sekaligus keluar dari penatnya rutinitas sehari-hari di kota Jakarta.

Kota yang disesaki dengan penduduk tak kurang dari 9,5 juta jiwa tentu saja membuat penat warganya. Lihat saja lalu lintas jalan yang menyesakan dada. Antrean kendaraan bermotor mengular di mana-mana, terutama saat jam sibuk seperti pagi dan sore hari.

Angkutan umum, sepeda motor hingga mobil pribadi berlomba-lomba mencapai tempat tujuan. Walau, sebelum mencapai tujuan harus rela menghadapi ketersendatan jalan yang tak jarang membuat stress para pengendara.

Carut marutnya lalu lintas jalan di Jakarta dan sekitarnya juga membuahkan kecelakaan selain kemacetan. Sepeda motor sebagai alat angkut paling banyak dipakai bermobilitas, akhirnya juga paling banyak yang terlibat kecelakaan tersebut.

Cedera di kepala menjadi buah getir dari kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Boleh jadi hal itu lantaran sang pengendara tidak memakai helm atau helm-nya tidak dikaitkan sehingga kepala berbenturan langsung dengan obyek lain seperti permukaan aspal. “Karena itu, perlu terus disosialisasikan pentingnya memakai helm saat bersepeda motor,” tutur Ceka lagi.

Caranya, tambah dia, di sela wisata ke Pantai Carita, disisipkan dalam materi obrolan santai saat berkumpul. Lalu, membagikan helm kepada peserta dengan didahului kuis yang juga salah satu materinya adalah terkait dengan pesan keselamatan jalan khususnya tentang helm.

“Kami mendapat dukungan helm dan jaket dari komunitas Jarak Aman. Jadi, peserta wisata selain dapat pesan keselamatan juga berkesempatan mendapat helm dan jaket tersebut. Wisata jadi tambah seru,” kata mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jakarta itu.

Ok deh, selamat berwisata dan selalu ingat memakai helm saat bersepeda motor. (edo rusyanto)

Baca juga : Edo Rusyanto’s Traffic

4Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: