VRCI Bekasi Sosialisasikan Bahaya Lelah Saat Berkendara ke Masyarakat

AlanBIKERS.com – Dengan maksud ingin mensosialisasikan bahwa lelah bisa membahayakan diri jika dipaksa berkendara, Verza Rider Community Indonesia (VRCI) Region Bekasi menggelar kampanye keselamatan di jalan (Road Safety) di lingkungan Perumahan Kintamani, Jejalen Jaya, Tambun Utara, Minggu (01/12), tepatnya di ruang Kantor RW 08 Perumahan Kintamani.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Bro Irvan Permana, tujuan dari kegiatan ini ini adalah ingin memberikan informasi dan pengetahuan seputar safety riding kepada masyarakat, khususnya yang berada di lingkungan Perumahan Kintamani, Tambun Utara.

Dimana kali ini VRCI Bekasi mengusung tema ‘Bahaya Lelah Saat Berkendara’, untuk mengedukasi masyarakat bahwa akibat kurangnya konsentrasi karena kelelahan bisa mengakibatkan kecelakaan di jalan. Kegiatan ini menyasar kepada masyarakat setempat dengan mengundang pengurus dari 25 RT yang berada di wilayah RW 08 Perumahan Kintamani.

“Kegiatan ini kami lakukan setelah mengetahui banyak masyarakat yang belum memahami bahaya dari dampak lelah atau mengantuk saat berkendara. Ini kami ketahui setelah melakukan survey menanyakan ke beberapa warga di lingkungan perumahan Taman Kintamani. Ternyata yang pernah mengalami atau melihat kecelakaan yang diakibatkan kelelahan atau kurangnya konsentrasi dalam berkendara sebesar 80,8 %,” ujar Bro Irvan.

Sebagai pemateri, VRCI Bekasi menghadirkan narasumber Dr. Natasya  Armiyanto, Satlantas Polsek Tambun dan turut pula hadir Ketua RW. 08 perumahan Kintamani , Jejalen Jaya, Tambun Utara Didin Komarudin.

Disini Dr. Natasya memberikan kiat-kiat agar tidak mudah lelah dalam berkendara, dan cara jitu untuk mengatasi lelah. Kemudian dia memberikan kiat-kiat kepada peserta bagaimana cara istirahat yang baik dan benar saat berkendara perjalanan jauh.

Para peserta pun menunjukan antusiasnya yang tinggi, ini terlihat saat sesi tanya jawab dengan begitu banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan karena begitu besar rasa ingin tahunya seputar materi yang disampaikan dalam acara ini.

“Terima kasih dan respek kepada VRCI Bekasi yang telah mengadakan acara ini, karena acara seperti sangat dibutuhkan masyarakat yang belum terjangkau oleh instansi terkait. Ini sangat positif dan sangat bermanfaat bagi para warga di sini, kami bersama para Pengurus RT yang hadir akan berkomitmen untuk mensosialisasikan kembali materi yang kami terima kepada semua warga,” ujar Didin.

Ki-ka : Dr. Natasya Armiyanto dan Didin Komarudin, Ketua RW 08 Perumahan Kintamani.

Didin menambahkan, semoga acara seperti ini terus diadakan secara rutin, karena ada beberapa warganya yang pernah mengalami kecelakaan yang diakibatkan karena kelelahan dan mengantuk yang perlu mendapat pencerahan. “Semoga dengam diadakannya acara ini bisa lebih menyadarkan para warga dan diri saya sendiri agar lebih mengutamakan keselamatan untuk diri sendiri dan orang lain,” lanjut Didin.

“Kami bertekad tetap dan terus menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara. Salah satunya dengan mengadakan beberpa kali acara Kampanye Keselamatan, agar kita bisa saling mengingatkan dan mengetahui tentang keselamatan dalam berkendara, minimal kepada keluarga terdekat kita sendiri,” tutup Bro Irvan.

Kegiatan yang dilakukan oleh VRCI Bekasi ini merupakan implementasi dari proposalnya yang menjadi salah satu finalis ajang Safety Campaign Awards (SCA) 2019, sebuah ajang bagian dari kampanye ‘I Wanna Get Home Safely’ (IWGHS) yang digagas oleh Autocillin – Adira Insurance sejak tahun 2014.

Acara yang berlangsung mulai siang hingga sore hari ini ditutup dengan foto bersama dan pemberian cindera mata kepada peserta dan narasumber. Untuk selalu mengingatkan masyarakat agar tidak berkendara saat kondisi lelah, VRCI Bekasi memasang 2 unit spanduk yang berisikan pesan keselamatan berkendara di persimpangan jalan tidak jauh dari lokasi acara.

0Shares

Tinggalkan Balasan