Ontahood Moto Adventure, Komunitas Penggemar Adventure dan Wisata Alam

AlanBIKERS.com – Klub/ komunitas yang beranggotakan para bikers atau pehobi sepeda motor yang tergabung didalam suatu klub/ komunitas semakin beragam, baik dari tipe motor maupun merk motor tunggangannya. Apalagi dengan bertambahnya tipe/ jenis motor keluaran baru dari ATPM yang ada di Indonesia.

Klub/ komunitas yang baru dibentuk tidaklah selalu mengacu pada merk dan tipe motor yang sama, juga ada gabungan dari beberapa merk dan cc motor namun mereka mempunyai hobi yang lebih sepesifik yang sama. Misalnya sesama penggemar motor sport atau penyuka adventure (berpetualang mengendarai sepeda motor).

Salah satunya komunitas bikers penyuka atau hobi berpetualang nikmati objek wisata alam dengan sepeda motor yang baru terbentuk belum lama ini. Namanya Ontahood Moto Adventure, resmi dibentuk sejak tanggal 17 Februari 2020 lalu dengan slogan Persaudaraan Motor Adventure.

Seperti yang disampaikan oleh Bro Ryan Kampis, salah satu inisiator Ontahood yang akrab disapa Captain (Kapten), awalnya nama Ontahood diambil saat dia dan inisiator lainnya tidak lagi di Versys Owners Indonesia (VOID). Dimana mereka seringkali menyebut motor tunggangannya untuk berpetualang dengan nama Onta ketika berkumpul.

“Kami sering menyebut motor kami dengan sebutan onta karena sekilas bodinya mirip dengan onta yang memiliki kaki panjang dan punuk, serta kuat hidup di alam yang cuacanya ekstrim. Karena sebagian dari kami ingin lebih berbaur dengan para bikers sesama penyuka adventure pengguna motor merk lainnya, tercetuslah ide untuk membentuk Ontahood,” jelas Bro Ryan yang juga Founder Freeriders Indonesia.

Ontahood bila dipisah terdiri dari kata Onta dan Hood, Onta disimbolkan dengan motornya yang bergaya adventure seperti dilengkapi box/ pannier untuk kebutuhan riding jarak jauh atau waktu yang lama. Sama seperti onta yang memiliki punuk yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air dan lemak guna memenuhi nutrisinya agar bisa bertahan hidup lama di gurun pasir.

Sedangkan Hood berasal dari kata Brotherhood yang artinya persaudaraan, jadi Ontahood bisa diartikan dengan Persaudaraan Motor Adventure atau persaudaraan para pehobi/ penggemar motor untuk berpetualang yang juga menjadi slogan mereka.

Beranggotakan Pengguna Motor Adventure 250 cc up Berbagai Merk

Bro Ryan menambahkan, meski baru hitungan beberapa bulan didirikan, saat ini tercatat anggota dari Ontahood Moto Adventure sudah mencapai 300an yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, DI Yogjakarta dan Jawa Tengah. Mereka adalah pengguna motor adventure 250 cc up dari berbagai merk.

“Saat ini anggota Ontahood Moto Adventure adalah kawan-kawan penyuka adventure yang menggunakan motor Kawasaki Versys, KTM 1190 Adventure, KTM 790 Adventure, Honda CBX 500, BMW GS 1200, BMW F 800, Honda CRF 250 Rally, Triumph Tiger dan Beneli TRK 502. Kami pun tidak menutup pintu bagi pemilik motor adventure merk lainnya dengan cc 250 up yang ingin bergabung,” lanjut Bro Ryan.

Saat ini mereka belum menentukan jadwal rutin kopdar, namun tetap intens melakukan pertemuan dengan agenda kopdar santai (Kopsan). Selain itu, untuk lebih memperkuat jalinan silaturahmi mereka juga adakan kopdar akhir pekan dengan lokasi berdasarkan kesepakatan bersama.

Sementara belum dibentuk kepengurusan, saat ini Ontahood dikendalikan oleh para inisiator dan admin. Mereka adalah Bro Yogi, Bro Sandy, Bro Ray, Bro Naufal, Bro Ryan, Bro Elang, Bro Gie, Bro Aji, Bro Bayu dan Bro Rito. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar Ontahood bisa join di Group FB : Ontahood Moto Adventure dan IG : ontahoodmotoadv.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.