Begini Cara Bermotor Yang Aman dan Nyaman di Era New Normal

AlanBIKERS.com – Di era new normal yang tengah diterapkan pemerintah, menjadi salah satu momen yang dijadikan klub maupun komunitas motor untuk kembali mengaktifkan kegiatan normalnya yang sempat vakum akibat dampak pandemi Covid-19. Kegiatan rutin para Bikers seperti kopdar, riding ataupun touring mulai dilaksanakan.

Beberapa klub dan komunitas pada akhir Juni 2020 lalu, sudah mulai kumpul bareng lewat kopdar, riding pendek, sunmori maupun touring jauh. Namun semua kegiatan yang dilakukan ini tetap mentaati aturan pemerintah dengan menjalankan protokoler kesehatan di era new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Riding menggunakan motor merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh banyak orang, khususnya anggota klub atau komunitas. Untuk itu perlu diperhatikan protokol kesehatan ketika sedang berkendara. Kebiasaan yang biasa dilakukan sebelum adanya AKB harus terus dilakukan, seperti menggunakan riding gear untuk tetap #Cari_Aman ketika berkendara dan mengecek kendaraan sebelum digunakan. Dalam penerapan kegiatan baru di era new normal ini, ada beberapa tambahan persiapan yang harus dilakukan oleh pengendara dalam melakukan protokol kesehatan.

Disaat kita harus melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dimana berbagai macam kegiatan dilakukan dengan cara baru yaitu lebih memperhatikan kesehatan kita sendiri dan orang lain. “Berbagai macam kegiatan yang dilakukan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang lebih ketat dan disiplin diantaranya menggunakan masker ketika beraktivitas, menjaga jarak dengan orang lain, dan rutin membersihkan tangan,” ujar Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Beberapa hal tambahan yang harus digunakan ketika berkendara selain riding gear adalah menggunakan masker ketika berkendara. “Masker berfungsi sebagai perlindungan pertama dalam menghalau bakteri-bakteri, atau virus yang bisa memasuki tubuh kita,” kata Ludhy. Selain masker, kita juga harus selalu menggunakan sarung tangan ketika berkendara, agar terhindar dari bakteri atau virus yang bisa menempel di tangan kita.

Saat berkendara, sebaiknya selalu menjaga jarak dengan pengendara lain. Jarak yang terlalu dekat akan memperbesar resiko terjadinya kontak dengan pengendara lain yang akan menyebabkan kecelakaan, selain itu juga dengan menjaga jarak kita bisa mencegah tersebarnya bakteri atau virus yang mungkin di bawa oleh pengendara lain.

“Setelah kita berkendara dan sampai di rumah, alangkah baiknya kitu mencuci semua perlengkapan riding gear yang kita gunakan setelah berpergian dari luar agar membunuh kuman-kuman yang tidak baik untuk kesehatan kita. Untuk selalu menjaga kesehatan disarankan untuk membawa hand sanitizer agar tangan kita selalu bersih dan kesehatan kita selalu terjaga,” tutup Ludhy. (DAM/AB)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.