Mencuci Motor di Rumah, Perhatikan Beberapa Hal ini

AlanBIKRRS.com – Berlakunya masa PPKM Darurat di Tanah Air demi memutus rantai penyebaran Covid-19, membuat tunggangan kesayangan menjadi sering diam di rumah. Tetapi, meski tidak digunakan, bukan berarti sepeda motor kesayangan dibiarkan begitu saja. Pasalnya debu dan sisa kotoran yang menempel saat sepeda motor digunakan akan meninggalkan dampak negatif pada bodi sepeda motor.

“Ada baiknya sebelum sepeda motor diparkir di garasi, dibersihkan atau dicuci terlebih dahulu agar kotoran tidak menempel dalam waktu yang lama,” jelas Oky Deni Saputro selaku Tecnical Trainer SCT Motodetailing.

Oky menambahkan, dalam membersihkan atau mencuci sepeda motor tidaklah sulit dan dapat dilakukan sendiri sembari mengisi waktu saat menjalani masa PPKM. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya pemilihan shampo serta perlengkapan lain agar mendapatkan hasil yang maksimal.

SCT

“Agar lebih mudah dalam memilih bahan untuk mencuci sepeda motor dapat juga menggunakan Blackseries dari SCT Motodetailing yang diperuntukkan khusus dalam melakukan perawatan sepeda motor di rumah, tentunya dengan kualitas yang terbaik dikelasnya,” tambah Oky.

Sebagai informasi, SCT Blackseries terdiri dari Wash and Wax Shampoo 500ml yang dibanderol seharga Rp76.000, Liquid Wax 250ml yang dapat digunakan untuk mempertahankan kebersihan bodi dihargai Rp120.000, Tyre Shine 250ml dibandrol Rp55.000, Engine Degreaser 250ml untuk membersihkan bagian mesin seharga Rp120.000.

Selain itu ada juga Vinyl Restorer 250ml untuk mengembalikan warna dan mempertahankan keawetan material vinyl pada body seharga Rp150.000 serta kain lap Microfiber yang hanya dijual dengan harga sekitar Rp 30.000.

SCT

Adapun langkah langkah dalam melakukan pencucian sepeda motor di rumah agar lebih efektif, Oky mengatakan dapat dimulai dari membersihkan bagian mesin dengan menggunakan Engine Degreaser dari SCT Motodetailing.

Selanjutnya dapat diteruskan ke bagian roda dengan menggunakan Tyre Shine yang tidak hanya mengembalikan warna ban namun juga menjaga keawetan karet ban.

“Jika bagian tersebut telah dibersihkan dan dibilas, maka dapat dilanjutkan untuk membersihkan bagian bodi sepeda motor, namun pastikan untuk menggunakan kain lap microfiber atau sarung tangan microfiber, bisa juga menggunakan kain dengan serat yang halus agar tidak menimbulkan baret halus pada bodi sepeda motor,” tambah Oky.

SCT

Oky menambahkan, usahakan setelah membersihkan bodi dengan menggunakan shampo, pastikan langsung dibilas agar tidak menimbulkan bercak atau flek. Jika shampo dibiarkan hingga kering akibat mengerjakan bagian lain maka akan menimbulkan flek dan untuk menghilangkannya harus kembali menggunakan shampo sehingga menjadi kerja dua kali.

“Selesai mencuci sepeda motor dan langsung keringkan. Namun disarankan untuk tidak menggunakan kanebo karena sisa kotoran atau butiran yang terisisa akan menyebabkan baret pada body sepeda motor. Sebaiknya keringkan sepeda motor menggunakan kain microfiber”, lanjut Oky.

Agar hasil semakin maksimal, setelah kering dapat memoleskan Liquid Wax pada semua bodi, sedangkan untuk bagian material vinyl dapat menggunakan Vinyl Restorer yang membuat warna material vinyl sepeda motor kembali seperti baru. (SCT/AB)

0Shares

alanbikers

Alanbikers.com hadir sebagai media yang secara khusus mengangkat semua yang terkait dengan dunia bikers, khususnya bikers Indonesia. Berbekal pernah berkerja selama 7 tahun (Maret 2008 – Februari 2015) di majalah Bikersmagz, sebuah media cetak yang sangat konsen kepada dunia bikers, Alanbikers.com ingin menjadi media informasi dan komunikasi serta interaksi antar bikers dari berbagai kalangan. Mengangkat berita seputar bikers secara lengkap, tidak hanya gaya hidup, tapi juga produk atau brand pendukungnya, seperti sepeda motor, spare parts, accessories serta perlengkapan safety gear.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.