Bro Willy Flores : TRiC Mengajarkan Saya Saling Menghormati Antar Biker

Bernama lengkap Wilfrids Tokan akrab disapa Bro Willy atau Willy Flores karena daerah asal kelahirannya di Flores. Saat ini posisinya menjabat sebagai Region Commander Tiger Riders Club (TRiC) Indonesia yang diembannya sejak tahun 2014. Bergabung dengan klub biker berbasis Honda Tiger ini sejak dibentuknya pada akhir tahun 2004, resmi menjadi anggota angkatan pertama pada awal tahun 2005.

Sebelumnya beberapa posisi penting dalam kepengurusan TRiC pernah dijabatnya, mulai sebagai Koordinator TRiC wilayah Jakarta Timur, anggota Tata Tertib (Tatib) saat dibentuknya TICAM (TRiC Chapter Timur) pada tahun 2006, posisi ini dipegangnya hingga tahun 2009. Usai menjabat Wakil Ketua Umum TRiC periode Tahun 2009-2010 kemudian dipercaya menjadi Ketua Umum TRiC pada tahun 2010.

Sejak TRiC Alliance Satudarah Maluku Jakarta Chapter tahun 2012, banyak perbaikan yang dilakukannya bersama pengurus, terutama dalam manajemen organisasi. Hasilnya tahun 2013 Bro Willy diangkat menjadi President Mother Chapter TRiC sampai 2016. Disinilah dia terbilang sukses memimpin 6 Chapter TRiC, yakni Eastern, Western, Southern, Northern, Southeast dan Outside (Makasar, Medan, Padang, Palembang). Beberapa gebrakan pun telah dilakukannya, seperti penegakan disiplin dalam menjalankan tata terbib klub.

Urusan touring yang menjadi sejarah tak terlupakan yang dilakukannya bersama TRiC ketika touring menuju Jamnas HTCI di Prambanan Yogjakarta, saat itu dengan kekuatan 65 motor sukses dengan Zero Accident berangkat dan pulangnya. Pernah juga melakukan kunjungan ke Mako Batalyon 330, Cicalengka Jawa Barat, disini mereka diberi kesempatan belajar menembak layaknya latihan militer menggunakan senapan SS buatan Pindad.

“TRiC mengajarkan saya untuk saling menghormati, baik sesama biker juga pengguna jalan lain dan sekaligus peraturan-peraturan yang ada di organisasi juga di NKRI. Menjadi panutan dan adil untuk semua anggota adalah tujuan kami. Kepada sahabat TRiC Indonesia, saya mengingatkan bahwa sebuah organisasi tidaklah akan berkembang tanpa didasari oleh rasa saling memiliki dan saling percaya, “Brotherhood = Trust”. Sekali kepercayaan itu hilang,mustahil persaudaraan itu ada,” ujar Bro Willy.

Dia berharap kepada seluruh anak bangsa, khususnya para biker untuk menjaga tali silahturahmi meski beda suku, agama dan RAS, kita tetap sama. “Jangan ngaku saudara satu klub atau saudara se-tanah air kalau dihati kita masih membedakan satu sama lain, justru kita para bikerlah yang harus terus mengobarkan semangat kebersamaan didalam perbedaan,” lanjut biker yang kesehariannya sebagai Chief Security & Safety Department Aryaduta Semanggi, Jakarta.

 

Bro Wily gemar riding atau touring menyusuri jalan sudah dilakoninnya sejak dari masa SMA di tanah kelahirannya Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Kala itu, dia pernah bersama kawan-kawannya gabungan dari SMAK Syuradikara Ende Flores, STM Negeri dan SMA Negeri 1 Ende touring lintas antar daerah Flores.

Hobinya ini pun terbawa saat dia sudah mulai mapan di Jakarta, tepatnya sejak dia berjumpa dengan beberapa anggota HTML (Honda Tiger Mailing List) yang berkunjung ke tempat dia bekerja pada tahun 2004. Karena memang motornya Honda Tiger, sejak saat itu dia pun terus menjalin silahturahmi dengan para anggota HTML dan mulai aktif di dunia hobinya itu sampai saat ini.

 

15Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: