Bikers Dakwah Lahir Dengan Motto ‘Dirangkul Bukan Dipukul’

AlanBIKERS.com – Baru setahun digulirkan, tiga program rutin Bikers Dakwah yakni Kopdar, Subuh Morning Ride (Submori) dan Bikers Ngaji sudah menghasilkan manfaat. Ribuan bikers dari seluruh penjuru pun ikut sebagai anggota dan ingin memperdalam ketiga program Islami itu.

Sejak Alfie Alfandy (Founder Bikers Dakwah) haus akan mencari ilmu, dalam hijrahnya hingga ke negeri Hadramaut, Yaman, dia mendapat bimbingan dari seorang guru Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, Habib Kadzim Assegaf dan Habibana Ahmad bin Ali bin Abdurrahman Assegaf. Kedua gurunya itu berpesan kepada Alfie untuk berdakwah di tempat yang haus akan ilmu (pergaulanmu atau temanmu).

Alfie Alfandy (paling depan) saat riding bersama anggota Bikers Dakwah.

Melalui pesan dan disertai dorongan niat yang kuat untuk terus belajar dan memberikan sepercik manfaat terutama untuk lingkungan sekitar melalui salah satu hobinya yaitu bermotor, maka terbentuklah Bikers Dakwah. Komunitas yang berisikan orang-orang atau masyarakat penggemar sepeda motor yang memiliki niat untuk belajar bersama.

Komunitas yang memiliki motto ‘Dirangkul Bukan Dipukul’ ini telah memiliki ribuan member aktif dan terdaftar di beberapa wilayah di Indonesia. Sehingga, munculah beberapa chapter diantaranya Bikers Dakwah Jakarta, Bikers Dakwah Bogor, Bikers Dakwah Depok, Bikers Dakwah Tangerang, Bikers Dakwah Bekasi, Bikers Dakwah Palembang, Bikers Dakwah Lombok, Bikers Dakwah Medan, Bikers Dakwah Kuningan, dan beberapa chapter lainnya yang sedang prospect.

Ada tiga program rutin Bikers Dakwah yang sudah berlangsung selama satu tahun ini. Ketiga program itu adalah Kopdar Bikers Dakwah, Subuh Morning Ride (Submori) dan Bikers Ngaji. Kopdar Bikers Dakwah merupakan acara rutin yang berlangsung pada minggu kedua setiap bulannya. Kegiatan kajian ini diisi oleh beberapa penceramah nasional dan dikemas dengan santai sehingga mereka (Bikers) yang baru pertama datang tidak akan merasa canggung.

Program Submori berlangsung pada minggu terakhir setiap bulan, yang dimulai dengan sholat Subuh berjamaah di Masjid Al-Insan, Patal Senayan Jakarta, dilanjutkan dengan kajian ringan. Submori juga diisi dengan kegiatan Sunnah Nabi lainnya seperti Memanah, Bekam, Renang dan Berkuda (dalam rencana) serta juga kegiatan sosial lainnya.

Sedangkan Bikers Ngaji adalah program yang berlangsung setiap hari Senin, Selasa, Rabu mulai pukul 20.00 WIB dengan pengajar lulusan Pondok Pesantren Darul Musthafa, Tarim, Hadramaut, Yaman. Program ini dikhususkan untuk member yang ingin belajar Iqro dan Al-Quran mulai dari yang masih buta huruf hingga hafal Alqur’an dengan metode cara cepat belajar Alqur’an.

“Ketiga program yang diselenggarakan oleh Bikers Dakwah terbuka untuk umum. Bagi siapa saja dan pengguna motor apa pun. Buat yang berminat bisa langsung datang ke lokasi dimana program-program Bikers Dakwah itu digelar,” tutup Alfie. (BD/AB)

0Shares

Tinggalkan Balasan