Bro Sultan HSFC Sumut : Dukung Larangan Memakai Sendal Jepit Saat Riding

AlanBIKERS.com – Belakangan ini sedang marak beredar di social media perihal akan adanya penindakan penilangan terhadap pengendara sepeda motor yang memakai sendal jepit saat berkendara. Menanggapi hal tersebut, Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam menegaskan, penggunaan sendal jepit saat mengendarai sepeda motor tidak akan kena tilang.

Seperti pernah disampaikannya kepada Kompas.com, Rabu (15/6) bahwasannya jika berkendara dengan sepeda motor dengan memakai sandal jepit bukan merupakan larangan dan pelanggaran lalu lintas. “Penggunaan sandal jepit pada saat mengendarai sepeda motor bukan merupakan pelanggaran lalu lintas, sehingga tidak bisa ditilang,” jelasnya.

Ditambahkanya, larangan penggunaan sandal jepit saat berkendara lebih bersifat sebagai suatu himbauan demi keamanan dan keselamatan berkendara. “Karena mengenakan sepatu saat berkendara roda dua akan lebih aman melindungi kaki dari gesekan atau sewaktu terlibat kecelakaan di jalan,” lanjutnya.

Baca juga : Meriahkan Yamaha Day,  Yamaha DDS Jabodetabek Gelar City Ride dan Carnaval

Demikian pula yang disampaikan Bro Sultan Habib Noor, Ketua Umum Honda Streetfire Club (HSFC) Sumatera Utara (Sumut). Menurutnya, memakai sendal jepit saat riding sudah pasti tidak aman dan sangat berbahaya. Meski bekendara jarak dekat ataupun jauh, resiko yang diakibatkan pasti ada kalau tidak safety karena tidak memakai sepatu.

“Keamanan berkendara itu nomor satu, dari ujung kaki smpai ujung kepala. Apalagi kaki yang paling dekat dengan aspal dan memiliki resiko cedera yang cukup tinggi. Karenanya, sebagai pengendara sepeda motor kita wajib mengutamakan keselamatan saat berkendara agar tetap aman di jalan saat riding,” ujar Bro Sultan yang pernah meraih Juara 1 Kategori Advisor Community mewakili Main Dealer Honda PT Indako Trading Coy di ajang Astra Honda Virtual Safety Riding Instructors Competition 2021.

Baca juga : Pendaftar BBM Subsidi Tembus 50 Ribu Kendaraan dalam Empat Hari, Begini Caranya

Bro Sultan sangat mendukung dengan adanya himbauan dari pihak kepolisian yang melarang pengendara sepeda motor memakai sendal saat riding. “Merupakan tindakan yang sangat tepat yang dilakukan pihak kepolisian dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan berkendara, agar bisa mengurangi angka resiko akibat kecelakaan yang mana didominasi oleh pengendara sepeda motor,” lanjutnya.

Sebagai salah satu bikers Indonesia yang sadar pentingnya safety riding, Bro Sultan pun selalu berusaha untuk menjunjung tinggi safety riding dan menjadi pelopor keselamatan berlalulintas untuk masyarakat luas.

0Shares

alanbikers

Alanbikers.com hadir sebagai media yang secara khusus mengangkat semua yang terkait dengan dunia bikers, khususnya bikers Indonesia. Berbekal pernah berkerja selama 7 tahun (Maret 2008 – Februari 2015) di majalah Bikersmagz, sebuah media cetak yang sangat konsen kepada dunia bikers, Alanbikers.com ingin menjadi media informasi dan komunikasi serta interaksi antar bikers dari berbagai kalangan. Mengangkat berita seputar bikers secara lengkap, tidak hanya gaya hidup, tapi juga produk atau brand pendukungnya, seperti sepeda motor, spare parts, accessories serta perlengkapan safety gear.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.