Melonjak, Pelaku Kecelakaan dari Kalangan Anak-anak

AlanBIKERS.com – Sebuah pesan cukup menyentuh terlontar dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise saat memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019.

Yohana berpesan kepada seluruh anak Indonesia untuk menjadi generasi yang beradab dan menjunjung tinggi tata krama.

“Bagi seluruh anak-anak Indonesia di mana pun berada, rajinlah beribadah, hormati dan sayangi orangtua kita dan sesama teman,” kata dia, seperti dilansir kompas.com, baru-baru ini.

Menteri pun berpesan agar anak-anak sebagai penerus bangsa Indonesia harus memiliki kualitas pendidikan dan kesehatan yang baik, juga memiliki rasa cinta Tanah Air.

Sementara, untuk kalangan keluarga, Yohana meminta agar dapat menjaga anak-anak dengan sebaik mungkin. Menurut dia, menjaga seorang anak sama dengan melindungi depan bangsa.

Ya. Setiap 23 Juli, Indonesia merayakan HAN. Peringatan itu merujuk kepada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tertanggal 19 Juli 1984.

Pesan Yohana terkait HAN 2019 mengingatkan kita para orang tua untuk melindungi anak-anak dengan segenap tenaga untuk terhindar dari petaka, dan bagi saya, termasuk petaka di jalan raya. Kecelakaan lalu lintas jalan.

Orang tua mutlak melindungi dari memenuhi hak anak untuk terus tumbuh dan berkembang. Menghindarkan anak-anak dari potensi kecelakaan lalu lintas jalan termasuk dalam upaya memberi hak anak untuk hidup dan berkembang secara baik.
Terlebih, kita disodori fakta bahwa kecelakaan yang melibatkan anak-anak masih cukup tinggi.

Data Korlantas Mabes Polri memperlihatkan bahwa jumlah anak-anak yang terlibat kecelakaan lalu lintas jalan tercatat melonjak pada 2018. Anak-anak usia 10-14 tahun yang menjadi pelaku kecelakaan lalu lintas jalan pada 2018 jumlahnya melonjak sekitar 48% dibandingkan 2017 menjadi rata-rata lima anak per hari. Sedangkan anak-anak yang menjadi korban kecelakaan melonjak sekitar 23% menjadi rata-rata 10 anak per hari.

Sudah sepatutnya kita sebagai orang tua dengan seluruh tenaga dan perhatian melindungi anak-anak agar mereka tumbuh dan berkembang menggapai cita-citanya. Selamat Hari Anak Nasional. (edo rusyanto)

Baca juga : Edo Rusyanto’s traffic

0Shares

Tinggalkan Balasan