Webinar APP Jakarta Kupas Seputar Standar Manajemen Keselamatan Lalu Lintas IS0 39001

AlanBIKERS.com – Menurut World Health Organization (WHO) 1,5 juta jiwa mati sia-sia di jalan akibat kecelakaan. Pertanyaan yang muncul adalah, apakah kita peduli? Kecelakaan lalu lintas mengancam siapa pun yang aktif di jalan dan tidak pandang usia, status, jenis kelamin dan sebagainya.

Dibandingkan dengan COVID-19, sampai dengan April 2020 maka diperoleh bahwa korban jiwa dari COVID-19 adalah 6,5 orang per 100 populasi sedangkan kecelakaan lalu lintas adalah 16,5 orang per 100 populasi. Hal ini menunjukkan bahwa sedemikian besarnya resiko kecelakaan lalu lintas namun seolah tidak terlihat.

Politeknik APP Jakarta, salah satu perguruan tinggi di bawah Kementerian Perindustrian merasa perlu mengenalkan resiko tersebut kepada mahasiswa dengan memasukkan suatu standar keselamatan lalu lintas ke dalam kurikulum.

Mengingat bahwa Politeknik APP Jakarta memiliki tiga program studi yang sangat erat kaitannya dengan aktivitas di jalan, yaitu Program Studi Manajemen Logistik Industri Elektronika, Manajemen Pemasaran Industri Elektronika dan Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT.

Demi memberikan pemahaman yang sama tentang suatu standar keselamatan dalam hal ini adalah ISO 39001 baik kepada mahasiswa, manajemen kampus, dan manajemen perusahaan, untuk itu Politeknik APP Jakarta mengadakan webinar pada tanggal 28 Oktober 2020 lalu.

Didalam acara yang berlangsung sejak pukul 08.30 – 12.00 WIB ini diharapkan terjadi sinergi yang baik antar pihak yang berkepentingan demi menyelamatkan nyawa juga terwujudnya suatu Standar Nasional Indonesia (SNI), terkait dengan keselamatan lalu lintas agar lebih mudah diterapkan dan sesuai dengan kondisi di Indonesia.

Hadirkan Narasumber Berkompeten Dibidangnya

Narasumber yang berkompeten dibidangnya pun dihadirkan dalam webinar ini, yaitu Yustinus Kristianto Widiwardono, M.I.T, Direktur Pengembangan Standar Mekanika,  Energi,  Elektronika, Transportasi, dan Teknologi Informasi , Badan Standardisasi Nasional dengan topik         ‘Standar di Indonesia, Pengajuan, Penetapan, dan Pelaksanaannya’.

Kemudian ada Sofyan Hadisaputra, S.T., M.T., Training Director, British Standard Institution – Indonesia dengan topik ‘ISO 39001 dan Implementasinya di Indonesia’. Narasumber berikutnnya Ir. Ts. Mohd. Hafzi bin Md. Isa, Senior Research Officer, Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) dengan topik ‘ISO 39001 dan Implementasinya di Malaysia’.

Selanjutnya ada A. R. Arie Wicaksono, S.K.M., S.T., M.M., Pembantu Direktur 1 bidang Akademik Politeknik APP Jakarta, Kementerian Perindustrian dengan topik ‘Pengembangan Kurikulum Berbasis Standar’.

Ringkasan Webinar DIGITALK#1

Berikut ringkasan dari acara webinar DIGITALK#1 yang dipandu oleh Host Ir. Adrianto S. Wiyono S.Kom., M.Si., M.T., Praktisi Keselamatan Jalan Politeknik APP Jakarta yang dikirimkan ke Redaksi Alanbikers.com.

Implementasi ISO 39001 bukan hanya untuk perusahaan di bidang transportasi, namun juga dapat digunakan oleh perusahaan apa pun yang kegiatannya melibatkan penggunaan jalan, bahkan dapat pula digunakan sebagai acuan untuk keselamatan pada suatu komunitas.

Implementasi ISO 39001 memiliki manfaat bagi pengimplemtasinya. Bagi perusahaan akan dapat menurunkan banyak biaya-biaya terutama terkait dengan biaya pengobatan, asuransi, serta dapat meningkatkan produktivitas karyawannya karena menurunnya jumlah karyawan yang terlibat kecelakaan.

ISO 39001 dapat digunakan sebagai pelengkap dalam kurikulum pembelajaran mahasiswa agar dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

ISO 39001 perlu segera diadopsi menjadi SNI agar dapat segera diimplementasikan di Indonesia serta mudah dipahami oleh masyarakat yang ingin menggunakannya, selain itu juga Indonesia telah tertinggal dibandingkan oleh Malaysia dalam implementasinya. (APPJ/AB)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.