Bersama BPJS TK, VRCI Bekasi Sosialisasikan Pengalihan Resiko Kecelakaan

AlanBIKERS.com – Dari survey yang dilakukan internal Verzarider Community Indonesia (VRCI) Region Bekasi melalui social media, hasilnya adalah 86,3% belum mengerti manfaat dan prosedur pengajuan klaim kecelakaan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan atau asuransi lainnya yang diselenggarakan oleh negara, yakni 86,3%.

Dari hasil survey tersebut VRCI Bekasi memutuskan untuk melakukan kampanye keselamatan jalan dan  memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mempersiapkan diri sebelum terjadi kecelakaan dengan pengalihan resiko, termasuk prosedur dan manfaat yang dapat mereka dapatkan.

Kegiatan ini dilakukan di Perumahan Taman Ria Persada, Desa Tridaya Sakti, Tambun Selatan, Bekasi hari Minggu lalu (4/11). Sebelum memulai acara, kegiatan ini diawali dengan kerja bakti bersama warga setempat, mulai dari membersihan lingkungan, pengecatan marka jalan perumahan dan pemasangan banner petunjuk keselamatan jalan raya.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikarang Festival, yaitu Rasyid  dan Ahmad Saefudin. Mereka hadir disini sebagai nara sumber yang memaparkan seputar pengalihan resiko jika mengalami kecelakaan di jalan.

Kemudian ada perwakilan dari HRD PT. HIBA Utama Joko Agung Priyanto menerangkan prosedur pelaporan jika mengalami kecelakaan saat berangkat dan pulang kerja. Selain itu, hadir pengurus RT setempat sebagai nara sumber mewakili masyarakat yang pernah mengalami 8 (delapan) kali kecelakaan saat mengendarai sepeda motor.

Rasyid dari BPJS TK saat memaparkan seputar pengalihan resiko.

Secara keseluruhan acara ini berlangsung menarik, ditandai dengan banyaknya tanya jawab antar peserta dengan para nara sumber. Ditengah acara, tim dari VRCI Bekasi dan BPJS TK juga memerikan hadiah hiburan dengan bentuk quiz dan pembagian Doorprise.

“Sepengetahuan saya, baru kali ini ada komunitas motor yang mengadakan acara melibatkan BPJS TK juga perwakilan HRD Hiba Utama. Semoga komunitas motor lain pun bisa melakukannya demi menyampaikan program Sistem Jaminan Nasional,” ujar Rasyid yang juga memberikan apresiasi atas acara ini.

Menjadi bagian dari kegiatan ini, juga dilangsungkan lomba mewarnai yang diikuti anak-anak. Temanya pun masih seputaran pentingnya pengalihan resiko untuk perlindungan diri dan keluarga. Seluruh rangkaian acara hari itu ditutup dengan komitmen bersama oleh warga, mereka akan selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara, kemudian diakhiri foto bersama.

“Kami sangat berterima kasih kepada kawan-kawan dari dari VRCI Bekasi, kegiatan ini membuka image bahwa anak motor ternyata tidak hanya kumpul-kumpul atau touring saja, ternyata banyak kegiatan positif yang dilakukannya, salah satunya seperti ini. Dengan adanya acara ini, kami harap warga jadi lebih sadar untuk selalu mengutamakan keselamatan di jalan raya,” ujar Yudhi selaku Ketua RT setempat.

 

Menariknya dari akhir acara ini, dilakukannya pembahasan antar pengurus RT dan BPJS TK untuk berkolaborasi melakukan pengumpulan kolektif, mempermudah pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan yang dilakukan VRCI ini merupakan implementasinya sebagai salah satu Top 10 klub/ komunitas bikers dalam ajang Safety Campaign Award (SCA) 2018. Sebuah ajang apresiasi kepada bikers yang tergabung di dalam klub/ komunitas yang aktif berkegiatan mengampanyekan keselamatan berkendara di jalan.

17Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: