Bikers Urang Minang Baksos Perbaiki Irigasi Rusak Akibat Banjir di Pasaman

AlanBIKERS.com – Banjir besar yang melanda Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Kamis malam (11/10) dikabarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, dampaknya lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan masih proses penanganan hingga akhir bulan ini.

Dampak dari banjir besar ini diantaranya wilayah Wonisari Kinali, Simpang Tiga, Jambak Luhak Nan Duo, Kapa, Sasak, Batang Saman Kecamatan Pasaman, Gunung Tuleh, Sungai Aur, Koto Sawah Ujung Gading, Ranah Batahan, Air Bangis, dan Parit. Belasan ribu warga korban bencana alam ini sebagian besar adalah petani, akibat rusaknya ribuan hektare sawah dan perkebunan mengakibatkan gagal panen yang sangat besar.

Duka para petani tersebut juga menjadi keprihatinan bagi para bikers asal Ranang Minang yang tergabung didalam Forum Komunikasi Bikers Urang Minang Indonesia (FK BUMI). Bekerjasama dengan IEA Padang dan Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan (FMPK) Pasaman, mereka melaksanakan bakti sosial dengan turun langsung ke daerah yang terkena musibah, Minggu (21/10).

Para bikers ini bergabung dengan komunitas mobil lainnya atas nama FMPK Pasaman ini bersama-sama menuju Jorong Lungguk Batu, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. Dengan membawa pipa sebanyak 20 batang dan kawat, mereka bersama para petani membantu memperbaiki irigasi yang rusak akibat hantaman banjir.

“Pipa – pipa ini akan digunakan untuk pengganti sementara irigasi yang jebol akibat terjangan banjir besar beberapa waktu lalu sambil menunggu ada perbaikan irigasi oleh Pemerintah,” ujar Prasetyo, Pengurus dari FMPK Pasaman turut didampingi oleh Indral dan Nur Rezki ‘Ecky Chalderone’ dari FK BUMI Pasaman.

Pipa yang dibawa oleh rombongan ini langsung dibawa ke area persawahan di lokasi irigasi yang rusak. Disini para bikers dan petani secara bergotong royong bersama-sama memperbaikinya.

“Ini pengalaman yang sangat berkesan bagi kami, karena dapat terlibat langsung dengan masyarakat untuk meringankan beban derita mereka, biasanya kami di jalanan dan kali ini turun  langsung ke sawah. Hal ini sekaligus bukti bahwa para bikers pun merasakan penderitaan saudara kita yang terkena bencana,” lanjut Bro Ilham perwakilan FK BUMI.

Pada hari yang sama, sore harinya kembali FMPK Pasaman mengkondisikan atau memfasilitasi Asosiasi Biker Lubuk Basung yang datang ke daerah tersebut memberikan bantuan berupa alat tulis dan belajar untuk anak sekolah, bantuan ini diterima langsung oleh Kepala Sekolah SDN 15 Tabiang, Koto Kaciak.

31Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: