VIXBEC Sosialisasikan Pentingnya Helm Kepada Kaum Ibu di Babelan Bekasi

AlanBIKERS.com – Melihat kenyataan sehari-harinya masih banyak masyarakat belum menyadari pentingnya mengenakan helm saat berkendara. Padahal fatalitas akibat kecelakaan tertinggi adalah cidera atau benturan pada bagian kepala dan leher, perlunya helm untuk mengurangi atau meminimalisir fatalitas akibat kecelakaan tersebut.

Seperti diketahui, dikalangan masyarakat sudah lama menyoroti kaum Ibu – Ibu menjadi momok sebagai pelaku pelanggaran tertib lalu lintas. Selain keengganan memakai helm, juga perilaku mereka saat berkendara seperti salah menggunakan lampu sein (sign) jika ingin berbelok dan melanggar rambu lalu lintas.

Menyikapi hal tersebut, para bikers pengguna Yamaha V-ixion yang tergabung didalam Vixion Bekasi Club (VIXBEC) menggelar kampanye keselamatan jalan (Safety Campaign) Sabtu pekan lalu (13/10) yang menyasar kaum Ibu-Ibu. Dengan tagline ‘Helm Untuk Emak’, mereka melaksanakan kegiatan ini di Perumahan Graha Harapan Regency, Kota Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Diikuti Ibu – Ibu para Kader dan Pengurus PKK/ Posyandu Merpati Putih dari RW sekitar lokasi acara, kegiatan ini berlangsung sejak pukul 09.00 – 12.00 WIB mengusung tema ‘Membudayakan Penggunaan Helm Sebagai Alat Keselamatan Utama’. Tampil sebagai pemateri safety riding adalah Eleonora Ajisela Agrippina akrab disapa Jisel, Lady biker KNC Pemenang Castrol Power1 Legendary Bikers Indonesia 2017, Founder Srikadi 5 juga Duta Kartini dari Polmas Nusantara Binmas Baharkam Polri yang aktif kegiatan Safety Campaign.

Sist Jisel saat memaparkan seputar safety riding.

“Dipilihnya lokasi acara di Perumahan Graha Harapan Regency karena disini tingkat kepedulian kaum emak-emak (Ibu-Ibu) untuk menggunakan helm masih rendah. Dalam acara ini kami juga menginformasikan jenis-jenis helm yang efektif untuk digunakan demi keselamatan berkendara, bertujuan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya,” ujar Bro Aga Petruk selaku Ketua Panitia Acara.

Bro Aga (kiri) ketika simbolis berikan helm kepada salah satu peserta.

Selain mendengarkan pencerahan seputar safety riding, dipandu oleh Sist Jisel, peserta juga diajak rolling berkeliling komplek perumahan dengan menggunakan helm dan diberi arahan bagaimana berkendara yang baik dan benar. Sekaligus memberi pemahan bahwa helm SNI itu penting dan wajib, seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Angkutan Umum dan Lalu Lintas Pasal 57 Ayat 2. Selain itu, pada Pasal 106 Ayat 8 juga mengatur setiap pengemudi motor dan penumpang wajib mengenakan helm SNI.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini siapapun Ibu-Ibunya, tetangga, saudara, adik, kakak teman wajib pakai helm dan harus punya SIM sebelum mengendarai sepeda motor. Apabila bepergian menggunakan sepeda motor baik jarak dekat maupun jauh harus memakai helm karena dapat mengurangi fatalitas jika terjadi kecelakaan di jalan, pengendara lain pun dirugikan jika terjasi kecelakaan di Jalan raya,” lanjut Bro Adhi, Ketua Umum VIXBEC.

“Aku sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, apalagi sasarannya adalah kaum Ibu, para perempuan penting banget untuk mengetahui dan memahami apa itu safety riding, karena Ibu adalah orang pertama yang memberi pengetahuan kepada anak-anaknya. Termasuk pengetahuan tentang safey riding, sekaligus mengingatkan kepada suaminya,” ujar Sist Jisel yang merasa takjub akan tingginya keingin tahuan tentang safety riding dari seluruh peserta selama acara berlangsung.

Kegiatan ini merupakan implementasi VIXBEC sebagai salah satu Top 10 klub/ komunitas bikers dalam ajang Safety Campaign Award (SCA) 2018. Sebuah ajang apresiasi terhadap para Bikers yang aktif ikut mengkampanyekan keselamatan berkendara di jalan (Road Safety).

“Atas terselenggaranya acara ini, kami ucapkan terima kasih kepada kepada Ibu-Ibu Posyandu Merpati Putih, Pengurus RW Perumahan Graha Harapan Regency, Bro Fariz NMax Rider Bekasi sebagai mentor SCA, Sist Jisel, kemudian Ayu dan Ramlan selaku perwakilan dari Panitia SCA 2018 serta seluruh member VIXBEC yang sudah berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan ini,” tutup Bro Aga.

33Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: