Aprilia Shiver 900 Dilengkapi Mesin Silinder Kembar 900cc yang Disempurnakan

AlanBIKERS.com – Belum lama ini PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Aprilia Shiver 900, sport naked bike dengan karakter non-konvensional yang akan membuat setiap pengendara roda dua jatuh cinta. Dengan rangka yang dicat merah, pegas peredam kejut, dan penutup kepala silinder akan menambah pengalaman berkendara yang penuh dengan adrenalin.

Kekuatan dan karakter menghasilkan kepuasan berkendara yang luar biasa tanpa mengorbankan kemudahan dan kenyamanan yang selalu menjadi karakteristik Aprilia Shiver. Jantung dari Aprilia Shiver, adalah mesin 900cc dengan konfigurasi V engine, memastikan bahwa motor ini tidak hanya mampu meningkatkan tenaga, tetapi yang lebih penting, mesin ini juga dapat meningkatkan torsi maksimum yang diberikan pada setiap rpm di level atas.

Mesin dengan jarak sudut 90 derajat pada peletakkan kedua silinder, masing-masing dilengkapi dengan empat valve timing, dual overhead cam dan pendingin cair. Pengembangan serius ini turut berpengaruh pada pengoperasian mesin yang mampu mengurangi gesekan pada piston yang dilengkapi dengan fitur anti-gesekan khusus pada mantel, dan pin berkontribusi untuk meringankan bagian yang berganti dalam gerakan.

Desain blok mesin semi-dry carter sangat membantu mengurangi hilangnya tenaga akibat guncangan dan menjaga temperatur penggunaan pelumas tetap dalam batas aman, sehingga penggunaan oli radiator tidak diperlukan lagi.

Pembakaran campuran bahan bakar yang sempurna juga mudah dicapai dengan diimplementasikannya inject terbaru dengan semprotan yang lebih baik pada saat pencapuran bahan bakar dan udara dimana hal itu akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi yang dihasilkan lebih sedikit.

Salah satu elemen desain yang membuat Shiver terlihat menawan dan berani adalah knalpotnya yang seolah menyatu dengan jok belakang. Desain knalpot terbaru tersebut juga membuat pembuangan hasil pembakaran lebih cepat ke arah bawah, sehingga sehingga tidak mengganggu penumpang di jok belakang dan memastikan kenyamanan yang lebih besar.

Semua komponen kopling telah dirancang ulang sesuai dengan peralihan kapasitas ke mesin 900cc dimana beban pada tuas kopling telah berkurang 15%, dan rasio transmisi akhir telah diubah untuk mengoptimalkan eksploitasi daya yang tersedia.

Detil Exterior yang Disempurnakan

Dua pelat yoke kemudi pada Aprilia Shiver 900 terbuat dari aluminium tempa, sedangkan pada suspensi ia mengadopsi garpu Kayaba dengan hidraulik yang dapat disesuaikan dengan ekstensi dan pegas juga dengan tiang penopang 41 mm dengan chill cast feet untuk mendukung kaliper radial. Perjalanan 130 mm memungkinkan Anda menangani rute perkotaan dan gunung dengan lancar.

Pelek alumunium alloy dengan desain three-spoke yang sporty diadaptasi dari Aprilia Tuono V4 berkontribusi untuk menurunkan berat motor. Hal tersebut menghasilkan pengurangan drastis dari efek gyroscopic yang memberikan kelincahan yang lebih baik dan akselerasi yang lebih cepat. Pelek dibalut dengan ban 120/70 di bagian depan dan 180/55 di bagian belakang.

Fitur Teknologi yang Disempurnakan

Pembaruan teknologi yang diterapkan mencakup fitur keselamatan dan interface pengguna yang interaktif. Pembaruan tersebut bekerja dengan mulus untuk meningkatkan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan. Sistem pengereman, yang dilengkapi dengan two channel ABS, mengimplementasikan kaliper radial untuk menonjolkan kesan sporty dan juga dilengkapi dengan cakram 320 mm di bagian depan. Di bagian belakang, disk 240 mm ditopang oleh kaliper piston tunggal.

Pada sisi instrumen cluster, Aprilia Shiver 900 dilengkapi dengan layar TFT full-colour berukuran 4,3” yang dapat mengakomodir pengendara dengan sistem navigasi, rev counter, speedometer, temperatur pendingin, temperatur udara, serta jam.

Melalui sistem konektivitas APRILIA MIA via V4-MP app, pengendara dimudahkan untuk melihat informasi perjalanan seperti konsumsi bahan bakar, rute dan kecepatan, serta kondisi grip. Semua informasi ini dapat terbaca lebih baik berkat sensor cahaya yang mampu mendeteksi kondisi pencahayaan kemudian menyesuaikan dengan keterangan latar layar dan warna tulisan. (RLS/AB)

0Shares

Tinggalkan Balasan