Kredit Motor Kini Bisa di Pegadaian dan Tidak Kena Bunga tapi Mun’ah

AlanBIKERS.com – Mendengar nama Pegadaian yang terlintas dipikiran kita adalah tempat menggadaikan barang untuk mendapatkan pinjaman uang (utang). Seiring berjalannya waktu, sejak tahun 2012 badan hukum Pegadaian sudah menjadi Persero atau BUMN yang bentuk usahanya adalah perseroan terbatas (PT) dan telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PT Pegadaian (Persero) sudah banyak melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanannya, sesuai slogannya ‘Mengatasi Masalah Tanpa Masalah’ menjadi ciri utama pelayanannya hingga kini. Bentuk bisnis dan layanan kepada masyarakat pun semakin variatif dan dinamis, serta tetap cepat dalam membantu masalah keuangan yang tidak menyulitkan persyaratan administrasinya.

Produk Pegadaian yang fungsinya melayani gadai dan fidusia adalah Gadai Kredit Cepat dan Aman (KCA), Kreasi, Gadai, Syariah, Krisna, Amanah dan Arum. Diantara produknya tersebut, Amanah yang berada dibawah Pegadaian Syariah adalah pembiayaan pembelian kendaraan bermotor dengan pinjaman sesuai syariah untuk karyawan dan pengusaha mikro.

Pembiayaan Pegadaian Amanah tidak menerapkan sistem bunga tapi mun`ah atau biaya pemeliharaan barang, mun’ah yang dikenakan adalah sebesar 0,9 persen dikali harga kendaraan yang akan dibayarkan per bulan. Tidak hanya motor baru, melalui Pegadaian Amanah juga melayani untuk pembiayaan motor second, dengan syarat tahun produksi tidak lebih dari 10 tahun.

Amalia (kiri) saat simbolis serahkan simbolis buku Tabungan Emas kepada nasabah baru.

“Untuk DP (Down Payment) atau uang muka pembiayaan mobil adalah 20% dari harga mobilnya, sedangkan untuk motor 10 %. Lama masa kredit antara 1-3 tahun untuk harga dibawah Rp 100 juta dan bisa sampai 5 tahun untuk harga Rp 400 juta,” jelas Amalia Komalasari, Kepala Cabang Pegadaian Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Amalia menambahkan, Pegadaian Syariah juga mengeluarkan produk baru, yakni Tabungan Emas. Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. “Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Kita akan mengarah ke situ dan kita ingin menyasar kaum millenial,” lanjut Amalia.

Top up saldo Tabungan Emas dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service. Pembelian emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram) serta mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana nasabah.

Tak hanya itu, demi membuka gerbang ke dunia millenial, kantor Pegadaian saat ini juga sudah dilengkapi dengan coffee shop bernama The Gade Kopi. “Alasan kita buka the Gade Kopi karena memang kita menyasar millenial yang tentunya akan menggantikan nasabah-nasabah kita yang sudah tua. Di Gade Kopi jadi pendekatan kita juga untuk mensosialisaikan program kepada banyak komunitas,” tutup Amalia.

66Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *