Bro Syahril HOBIKU : Safety Riding Untuk Menjaga Otakmu Karena Kau Punya Otak

AlanBIKERS.com – Bernama lengkap Syahril Marulitua Sitanggang, Bro Syahril yang akrab disapa Mat Codet di komunitasnya ini adalah biker Honda anggota dari komunitas Verza Rider Community (VRCI) Region Pekanbaru. Saat ini dia menjabat sebagai Humas di Honda Bikers Pekanbaru (HOBIKU) periode 2018 – 2020.

Pria kelahiran Delitua, 23 April 1992, Sumatera Utara ini mulai mengenal kendaraan sepeda motor sejak dari kelas 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dipercaya oleh orang tuanya menggunakan Honda Revo untuk alat transportasi setelah di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Meski di usianya baru mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) saat di SMA, Bro Syahril tidak menyia-yiakan kepercayaan orang tuanya dengan menjaga dan merawat motor pertamanya, Honda Revo pemberian orang tuanya tersebut.

Awalnya dia mengenal dunia bikers ketika memiliki Honda Verza 150 pada tahun 2015 dan atas ajakan kawannya dia bergabung ke VRCI Pekanbaru. Sejak itu dia mulai mengikuti dan menikmati suasana saat kopi darat (kopdar) dan mengikuti beberapa tahapan mulai dari calon anggota, dia pun mulai memahami dan mengetahui banyak seputar safety riding.

“Karena sebelum bergabung dengan VRCI, unit motor yang saya kendarai gak pernah pakai spion, saya gak pernah pakai jaket, jarang juga pakai helm dan kemana-mana naik motor selalu pakai sendal,” ujarnya.

Dia mengakui, banyak hal postif yang didapat setelah bergabung di komunitas. Selain punya banyak teman baru, salah satunya juga pentingnya keselamatan berlalu lintas sebagai kebutuhan. Berkat totalitas dan loyalitasnya, saat ini dia dipercaya memangku jabatan sebagai Bendahara VRCI Pekanbaru.

“Karena di VRCI syarat utama menjadi member itu harus touring minimal dua daerah diluar Provinsi. Touring perdana saya gabung di VRCI ke Sumatera Barat, ke Payakumbuh dan Bukittinggi. Saya mulai memahami pentingnya safety riding dari masukan kawan-kawan di VRCI, seperti memakai helm bukan sekedar menaati peraturan tapi menghargai otakmu, kecuali kalau memang tidak punya otak, ” tegasnya.

“Ingatlah, safety riding di jalan bukan karena malu ditegur sesama bikers atau takut ditilang Polisi, tapi karena dari hatimu yang mencintai diri dengan berkeselamatan berkendara,” pesan Bro Syahril

Setelah menjadi anggota VRCI Region Pekanbaru, dengan segala ilmu safety riding dan kecintaan touringnya, beberapa kegiatan touring pun dilakukannya. Diantaranya dia pernah touring ke Batam, 0 kilometer Sabang, hadir di Jambore VRCI Jambi dan hadir di Dekade Honda Bikers Days 2018 di Pangandaran. (Fuad/AB)

245Shares

Tinggalkan Balasan