Suzuki V-Strom Terbaru Usung Konsep Desain ‘The Master of Adventure’

AlanBIKERS.com – Dua model V-Strom yang diluncurkan Suzuki di ajang pameran EICMA 2019 beberapa waktu lalu, yakni V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 mengusung konsep desain ‘The Master of Adventure’. Kedua motor petualang ini dirancang dan dibangun Suzuki untuk memungkinkan setiap pengendaranya memaksimalkan petualangan mereka sendiri, ke mana pun mereka pergi.

V-Strom 1050XT dilengkapi dengan perangkat elektronik yang komprehensif dan menggunakan Suzuki Intelligent Ride System (SIRS) yang baru, yang ditujukan untuk meningkatkan segala sesuatu mulai dari kenyamanan pengendara hingga kinerja dan kepraktisan.

Penggunaan by-wire yang baru pada throttle menghadirkan perasaan alami dan linier, dengan idle yang lebih stabil karena menggunakan Controller Area Network (CAN). Penggunaan sedikit kable dan transmisi data lebih cepat dengan aplikasi inertial measurement unit (IMU) dari Bosch.

Informasi dari IMU membantu mengatur Motion Track Brake System yang telah diperbarui oleh Suzuki. Sistem ini juga secara otomatis menerapkan tekanan ke rem belakang untuk membantu deselerasi yang terkendali ketika tekanan rem depan naik ke tingkat tertentu. Sistem ini mendukung pengendara, jika terjadi pengereman mendadak.

V-Strom terbaru hadir dengan desain baru modern mengambil gaya dari motor balap DR-Z yang legendaris dengan mesin yang diproduksi DR Big. Desain baru ini lebih kental dengan nuansa yang lebih agresif dan menonjol. Melengkapi tampilan baru, terpasang lampu LED persegi panjang baru yang ditumpuk secara vertikal, ditambah lampu belakang dan indikator yang juga LED.

V-Strom 1050Xt dipersenjatai mesin 537-compliant Euro 5 baru 1037cc, 90-V 90-Twin yang mengeluarkan daya lebih besar daripada V-Strom 1000, dengan tenaga puncak naik 7% hingga 107PS.

Sasis V-Strom 1050XT terbuat dari frame aluminium twin-spar yang dikawinkan dengan swingarm aluminium sehingga lebih ringan dan kompak. Desainnya yang ramping juga diperlihatkan suspensi upside down dari KYB, serta shock belakang preload dan rebound damping-adjustable. Ditambah rem depan Tokicos yang terpasang radial yang menggigit double cakram 310mm.

Melirik V-Strom 1050, varian ini juga memiliki banyak fitur unggulan seperti V-Strom 1050XT, namu ada sedikit beberapa perbedaan untuk memungkinkan harga yang lebih rendah. V-Strom 1050 berbagi platform engine dan sasis yang sama dengan model XT, tetapi tipe standar ini punya velg yang terbuat dari aluminium cor.

Namun Suzuki masih belum mengumumkan harga resmi dari V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 untuk pasar para bikers pecinta petualangan ini. Kedua V-Strom anyar ini baru akan tiba di dealer resmi Suzuki pada musim semi mendatang. (AB)

0Shares

Tinggalkan Balasan