Bikers Honda Merauke Kerja Bakti Bersihkan Monumen Tugu PEPERA

AlanBIKERS.com – Guna meningkatkan solidaritas antar sesama klub/komunitas Bikers Honda di Merauke, menjelang perayaan Kemerdekaan RI ke-76, Paguyuban Honda Motor Merauke (PHMM) mengadakan kerja bakti di Monumen Tugu PEPERA (Penentuan Pendapat Rakyat), Jl. Raya Mandala Kota Merauke (dekat RSUD Merauke), Minggu (15/8) lalu.

Tugu PEPERA

Monumen yang berada di pusat Kota Merauke ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 17 September 1969. Dibangun untuk memperingati deklarasi pernyataan sikap masyarakat Irian Barat, khususnya Kabupaten Merauke yang menghendaki bergabung kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam pelaksanaan kerja bakti tersebut, para Bikers dari Paguyuban Honda Motor Merauke yang hadir antara lain perwakilan dari  Verza Rider Community Indonesia (VRCI) Region Merauke, Honda CRF Merauke (HCM) dan Honda Scoopy Merauke (HSM).

Paguyuban Honda Motor Merauke

Dilakukannya kerja bakti ini dikarenakan kondisi monumen yang mulai kusam dan penuh coretan. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian Paguyuban Honda Motor Merauke terhadap warisan benda bersejarah terutama di Papua. Meski nampak sederhana, namun Tugu PEPERA ini sarat dengan sejarah perjuangan masyarakat Papua yang ingin menjadi bagian dari NKRI.

Melihat kondisi tugu bersejarah yang sudah tidak lagi sedap dipandang itu, hampir semua anggota komunitas motor Honda di Merauke pun melakukan kegiatan pembersihan, pengecatan, dan mengganti bendera Merah Putih dengan yang baru.

Rangkaian kegiatan ini berlangsung mulai pukul 8 pagi, diawali dengan melakukan kordinasi dan briefing setelah semuanya berkumpul. Setelah dilakukan pembagian tugasnya masing-masing, mereka pun bergegas dengan masing-masing peralatan dan perlengkapannya.

Honda Merauke

Panitia aksi kerja bakti di monumen Tugu PEPERA ini berharap, aksi gotong royong ini bisa meningkatkan solidaritas dan kebersamaan. “Serta beupaya melakukan hal-hal positif untuk menjadi Bikers yang lebih baik lagi. Dirgahayu Indonesiaku ke-76 Tahun, Merdeka!,” ujar Bro Andika, Ketua VRCI Merauke (PHMM/AB)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.