120 Tahun Perjalanan Royal Enfield Teruji Membangun Sepeda Motor Klasik

AlanBIKERS.com – Sejarah Royal Enfield bermula secara sederhana di pabrik yang terletak di Kota Redditch pada tahun 1901. Saat ini, Royal Enfield telah menjadi brand motor tertua dalam produksi berkelanjutan dan menjadi simbol pelestarian dari warisan desain sepeda motor klasik yang bersahaja dan otentik.

Royal Enfield Tahun 1901.

Sebagai brand yang unik, yang terus berkendara dengan ketangguhan dan performa tanpa batas, dan yang telah membangun budaya berkendara sejati selama ini, kini Royal Enfield bersiap merayakan tahun ke-120 yang sangat monumental.

Untuk menandai pencapaian tersebut, pada tahun 2021 ini, Royal Enfield akan melakukan berbagai inisiatif di seluruh dunia untuk memperingati warisan panjang dan perjalanan bersepeda motor bersama para penggemar dan komunitas.

Iklan Royal Enfield Model 182 976cc V Twin & Sidecar Tahun 1927.

Memiliki nilai ketahanan, inklusivitas, dan aksesibilitas, Royal Enfield adalah merek sepeda motor tertua di dunia dalam produksi berkelanjutan dan telah menunjukkan kreativitas, kemampuan beradaptasi, daya tahan, dan ketangkasan lintas generasi.

Tidak hanya menghadirkan produk, merek yang memainkan peran integral dalam kehidupan masyarakat selama beberapa dekade, juga telah berperan penting dalam membangun budaya seputar berkendara.

1933 Cycar.

“120 tahun adalah warisan yang sangat panjang untuk brand ini, dan kami senang bisa membuatnya sangat berarti. Royal Enfield bukan sekedar brand motor biasa, namun lebih dari itu, Royal Enfield adalah simbol ketangguhan dan penjelajahan yang mampu membangun budaya leisure riding yang berkembang cepat di berbagai penjuru dunia,” ujar Siddhartha Lal, Managing Director Eicher Motors Ltd.

Royal Enfield memiliki warisan budaya yang kaya dan melampaui perbatasan negara. Sepeda motor klasik ini telah teruji oleh waktu dan telah menciptakan banyak  rekor dan kenangan dalam bersepeda motor. Salah satu contoh utamanya adalah Winifred Wells, pelopor sepeda motor dan legenda Royal Enfield.

1932 500 Bullet.

Pada tahun 1950, Winifred mengendarai Royal Enfield Bullet 350cc dari Perth ke Sydney dan kembali – ia menempuh jarak lebih dari 5.500 mil hanya dalam 22 hari. Kurang dari 2 tahun kemudian, ditemani ayahnya, Winifred kembali mengelilingi benua Australia, menempuh jarak hampir 10.000 mil dalam 65 hari, serta berjuang menerjang suhu yang mencapai 44°C.

Mr Fook, Singapore, 1947 Model G, Stunt Rider 1947.

Merambah ke Asia Tenggara

Royal Enfield juga merambah ke Asia Tenggara dalam beberapa dekade terakhir. Dealer Royal Enfield telah hadir di Singapura sebelum dan setelah Perang Dunia Ke-2. Namanya kian populer di tahun 1950-an, dimana Singapura menjadi pusat distribusi untuk seluruh wilayah Asia Tenggara.

Terlihat di sini pada tahun 1947 adalah seorang pelanggan yang sangat puas, stunt rider Lan Send Fook, yang membeli Model G 350cc miliknya dari distributor Singapura. “Saya belum pernah mengendarai motor yang lebih baik, mesin motornya tidak bergetar, bahkan dalam kecepatan tinggi. Motor ini sangat stabil dan bisa berkelok-kelok dengan mulus,” ujarnya.

1965 Continental GT _ Female Rocker 1.

“Pencapaian tonggak sejarah 120 tahun ini merupakan momen yang membanggakan bagi kami. Tidak banyak brand yang mampu bertahan diuji waktu dan berkesempatan untuk beroperasi selama lebih dari satu abad. Ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi kami semua di Royal Enfield, dan semua pihak terkait,” tambah Vimal Sumbly, Head International Business – APAC, Royal Enfield.

Vimal menjelaskan, tahun ini di wilayah Asia Pasifik, Royal Enfield akan mengadakan sejumlah kegiatan yang melibatkan komunitasnya sebagai bentuk penghargaan atas dukungan mereka yang memungkinkan Royal Enfield mencatat prestasi luar biasa.

1968 MK1A Interceptor Advert.

Berhasil Mengalahkan Berbagai Tantangan

Periode waktu 120 tahun ini menjadi bukti perjalanan ketangguhan abadi. Royal Enfield berhasil mengalahkan berbagai tantangan dan tetap setia pada prinsip utamanya, yakni memproduksi sepeda motor yang sederhana, mudah diakses, dan menarik.

Sebagai bagian dari sejarah yang panjang, Royal Enfield berhasil bertahan melewati dua Perang Dunia, pabrik yang hampir ditutup pada tahun 1967 dan 1977, dan keluar sebagai pemenang dalam perjalanan yang menguji ketahanan manusia dan mesin.

WWI 6hp Machinegun Outfit 1

Saat ini, Royal Enfield menjadi pemain global terdepan di segmen sepeda motor kelas menengah (250cc – 750cc) dengan ambisi untuk terus tumbuh dan memperluas pasar tersebut. Memiliki portofolio produk yang kuat dan bervariasi, serta lebih dari sepuluh juta penggemar di seluruh dunia, Royal Enfield mungkin saja sudah berusia 120 tahun, namun perjalanannya baru saja dimulai. (RE/AB)

0Shares

alanbikers

Alanbikers.com hadir sebagai media yang secara khusus mengangkat semua yang terkait dengan dunia bikers, khususnya bikers Indonesia. Berbekal pernah berkerja selama 7 tahun (Maret 2008 – Februari 2015) di majalah Bikersmagz, sebuah media cetak yang sangat konsen kepada dunia bikers, Alanbikers.com ingin menjadi media informasi dan komunikasi serta interaksi antar bikers dari berbagai kalangan, mengangkat berita seputar bikers secara lengkap, tidak hanya gaya hidup, tapi juga produk atau brand pendukungnya, seperti sepeda motor, spare parts, accessories serta perlengkapan safety gear.

Tinggalkan Balasan