Suzuki Tetap Pacu Kinerja Hadirkan Produk Berkualitas Meski Pandemi Melanda

AlanBIKERS.com – Tahun 2020 Suzuki Indonesia telah genap 50 tahun berkontribusi untuk industri otomotif nasional. Meski di tahun 2020 industri otomotif mengalami penurunan performa akibat pandemi Covid-19, Suzuki terus berupaya menghadirkan produk-produk berkualitas serta layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Seperti yang disampaikannya lewat acara Suzuki Media Update 2021 secara virtual, Kamis (4/3), salah satu pencapaian Suzuki Indonesia selama tahun 2020 untuk R2 atau sepeda motor adalah kemenangan Tim Suzuki Ecstar di MotoGP 2020 yang mampu mendongkrak penjualan sepeda motor.

Kinerja penjualan sepeda motor Suzuki tahun 2020 lalu secara keseluruhan mencatatkan angka wholesales sebesar 28.310 unit dan retail sales sebesar 30.242 unit. Ini didukung kepercayaan konsumen terhadap model unggulannya yang didominasi All New Satria F150 sebagai kontributor penjualan tertinggi dengan wholesales mencapai 15.356 unit atau sebesar 54,2% dan retail sales mencapai 15.131 unit atau sebesar 50%.

Kemudian NEX II turut berkontribusi sebesar 17,9% atau sebanyak 5.055 unit untuk wholesales dan 6.241 unit atau 20,6% untuk retail sales. Motor sport Suzuki yang sangat ikonik GSX-R150 juga turut menyokong angka wholesales sebanyak 2.723 unit dan retail sales sebanyak 3.097 unit.

Kemenangan Tim Suzuki Ecstar di Ajang MotoGP 2020

Kemenangan tim Suzuki Ecstar dan pembalapnya, yaitu Joan Mir dan Alex Rins, pada ajang MotoGP 2020 lalu menjadi euphoria tersendiri yang mampu meningkatkan kepercayaan dan kebanggaan konsumen. Hal ini diakui membantu mendorong penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia tahun lalu.

Sepanjang tahun 2020, Suzuki meluncurkan beberapa model ke pasar dalam negeri. Di bulan Oktober, Suzuki mengeluarkan varian warna baru untuk beberapa model sekaligus, mulai dari GSX-R150, Satria F150, Address FI, dan NEX II. Di bulan November Suzuki meluncurkan NEX Crossover yang merepresentasikan gaya hidup berpetualang.

Layanan Purnajual dan Suku Cadang Suzuki Semakin Dipercaya Konsumen

Suzuki juga terus berupaya memberikan layanan purnajual yang maksimal bagi konsumen. Sepanjang 2020. Suzuki mencatatkan layanan purnajual mobil sebanyak 915.776 unit intake di 238 bengkel resmi, dan layanan purnajual sepeda motor sebanyak 390.379 unit intake di 249 bengkel resmi di seluruh Indonesia.

Tingginya angka unit intake di tahun 2020 menunjukkan bahwa layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya dan tetap menjadi pilihan konsumen.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari hadirnya beragam program servis menarik untuk konsumen serta layanan yang memudahkan seperti online booking melalui website, Home Service, dan 24-hour Suzuki Emergency Roadside Assistance.

Sedangkan untuk suku cadang resmi Suzuki yang terdiri dari Suzuki Genuine Parts (SGP), Suzuki Genuine Oil (SGO), dan Suzuki Genuine Accessories (SGA), penjualan suku cadang mobil berkontribusi paling tinggi, yaitu sebesar 65,7%. Disusul berikutnya oleh suku cadang sepeda motor yang berkontribusi sebanyak 33%.

MySuzuki Mengalami Peningkatan Transaksi

Kinerja yang baik pada suku cadang Suzuki didukung salah satunya oleh aplikasi mobile MySuzuki. Aplikasi yang bisa diunduh di Play Store atau Apps Store ini melayani pembelian suku cadang resmi Suzuki, baik untuk mobil maupun sepeda motor.

Di tahun 2020, MySuzuki mengalami peningkatan transaksi yang signifikan sebesar 57% jika dibandingkan tahun 2019. Fitur-fiturnya yang user friendly, jaminan keamanan bertransaksi, dan harga suku cadang yang sama di seluruh Indonesia menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya jumlah pengguna aplikasi MySuzuki.

“Kami paham bahwa selain menghadirkan produk-produk yang berkualitas dan value for money, hal penting lainnya yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk adalah suku cadang dan purnajualnya. Inilah yang mendasari kami untuk terus menyediakan suku cadang resmi dengan harga yang sama di seluruh Indonesia. melalui aplikasi MySuzuki, konsumen semakin mudah membeli suku cadang dengan jaminan keamanan bertransaksi,” ujar Christiana Yuwantie, Spare Parts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor.

Ekspor Suzuki Tertinggi di Tengah Penurunan Ekspor Otomotif Nasional

Di tengah penurunan ekspor otomotif sepanjang 2020, kegiatan ekspor mobil dan sepeda motor Suzuki tetap berjalan optimal. Tahun lalu Suzuki berhasil mengapalkan 45.188 unit mobil ke 51 negara tujuan di Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, Oseania, dan Afrika.

Pencapaian ekspor kendaraan roda empat ini terdiri dari 37.400 unit completely built-up (CBU) dan 7.788 unit completely knock-down (CKD). Kontribusi terbesar ekspor mobil didominasi oleh All New Ertiga sebesar 43,3%, diikuti oleh XL7 sebesar 31%, dan New Carry 18,4%. Pencapaian ini membuat Suzuki menjadi merk dengan penurunan kinerja ekspor mobil paling minim di industri otomotif.

Untuk sepeda motor, Suzuki juga telah mengekspor total 127.434 unit sepeda motor ke 35 negara tujuan yang tersebar di Asia, Eropa, Timur Tengah, Oseania, dan Amerika Latin. Kontribusi terbesar ekspor sepeda motor Suzuki didominasi oleh Satria F150 sebesar 49,7%, kemudian diikuti oleh NEX II sebesar 12%, dan Address FI sebesar 11,3%. (SIS/AB)

Suzuki Akan Terus Berupaya Gairahkan Pasar Otomotif Nasional di Tahun 2021

Tinggalkan Balasan