Valentino Rossi Resmi Umumkan Akan Pensiun dari MotoGP

AlanBIKERS.com – Setelah selama 26 tahun eksis di dunia balap, akhirnya Valentino Rossi menyampaikan rencananya untuk pensiun dari ajang balap dunia MotoGP. Pembalap Italia berusia 42 tahun yang dijuluki The Doctor ini secara resmi menyampaikan rencana pensiunnya menjelang MotoGP Styria, Kamis (5/8/) lalu.

Tahun depan kehidupan saya akan berubah, tapi semua yang saya lalui luar biasa. Saya amat menikmatinya, sebuah perjalanan yang amat panjang. Lucu, 25-26 tahun di kejuaraan dunia, itu luar biasa

“Saya sudah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini, jadi ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP,” ujar Rossi seperti yang disampaikannya di situs resmi MotoGP.

Tentu saja kabar ini menjadi berita menyedihkan bagi penggemarnya maupun penyuka MotoGP. Pasalnya, sudah lebih dari dua dekade Rossi menjadi sosok yang berhasil menghadirkan hiburan balap untuk penonton di seluruh dunia.

Tidak dapat dipungkiri, faktor usia yang sudah tidak muda lagi membuat salah satu legenda balap MotoGP pemilik nomor start 46 ini mulai meredup. Bahkan, sejak setahun berbaju tim satelit Petronas Yamaha SRT, Rossi semakin sulit menembus pembalap elit saat ini.

Jika dilihat dari statistik balapnya di musim 2021 sangat menurun, dari 9 balapan yang sudah dilalui, VR46 belum pernah finish di atas peringkat 10. Di klasemen sementara MotoGP 2021, dia baru mengumpulkan 17 poin menemptai posisi 12 dari 24 pembalap MotoGP.

Rossi mengakui bahwa menyatakan untuk pensiun ini menjadi momen berat dalam karirnya. “Ini momen yang menyedihkan, sebab sulit untuk memahami dan bilang bahwa musim depan saya tak akan membalap motor lagi,” lanjutnya.

Walaupun demikian, dia pun masih sangat bersyukur atas pencapaiannya selama puluhan tahun di dunia balap. Selama kurang lebih 30 tahun, dia telah meraih banyak prestasi dan momen-momen indah.

“Tahun depan kehidupan saya akan berubah, tapi semua yang saya lalui luar biasa. Saya amat menikmatinya, sebuah perjalanan yang amat panjang. Lucu, 25-26 tahun di kejuaraan dunia, itu luar biasa,” ujarnya.

Rossi menjadi salah satu pembalap MotoGP dengan jumlah juara dunia terbanyak. Totalnya sudah mengumpulkan titel juara dunia sebanyak 9 kali, yakni sekali di kelas 125 cc, sekali di kelas 250 cc, dan 7 kali di kelas 500 cc/MotoGP. Sepanjang karirnya, Rossi sudah meraih 89 kemenangan dan 199 podium.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.