SOLID Hadir Sebagai Wadah Bagi Penggemar Motor Supermoto dan Trail

AlanBIKERS.com – Supermoto Trail Independent (SOLID) adalah komunitas yang menggabungkan para pecinta atau penggemar motor Supermoto dan motor Trail yang dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 2020 lalu.

Dibentuknya SOLID sengaja ingin menyatukan dua hobi dalam satu geberan motor trail. Pasalnya, bagi kalangan penghobi supermoto kebanyakan lebih suka touring dari kota ke kota. Sedangkan bagi yang punya motor trail bila ingin masuk ke komunitas, kebanyakan mereka mencari yang sama-sama hobi adventur atau trabas.

Seperti yang diceritakan oleh salah satu deklaratornya yang sering disapa Jedoen, perihal sejarahnya mengabungkan para pecinta supermoto dan adventere dalam satu bendera organisasi komunitas motor.

“Awalnya kita hanya ada beberapa orang waktu itu, yaitu Om Sarif, Om Olid ,Om Ceppy, Om Abriel, Om Keling dan Om Gigih. Saat itu motor yang kumpul ada yang masih asli pabrikan atau bodi trail, tapi ada juga yang udah dimodif style supermoto. Dari situlah justru akhirnya kita ingin membangun satu komunitas gabungan dari yang suka tunggangan trail maupun yang udah dimodif supermoto,” jelas Bro Jedoen.

Meski terbilang baru, hingga saat ini membernya sudah cukup banyak. Untuk sekretariatnya ada di Jl. Caman Raya Gang Haji Sekum No,47 Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi, kontak WA nya bisa hubungi 085719223357.

Bagi pengguna motor trail ataupun supermoto yang tinggal di seputaran Jabodetabek atau dimanapun yang ingin gabung di komunitas ini, silahkan kunjungi media sosialnya di Facebook dengan nama Supermoto Trail Independent atau Intagramnya (IG) @solid.indonesia.

SOLID punya dua lokasi tempat kopdar, biasanya untuk siang hari pas kebetulan sedang mau latihan grasstrack atau trabas mereka kumpul di bengkel MOTOPLUS Grand Wisata Jl. Mustika Jaya No.66, RT.006/RW.012, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi Jawa Barat. Selain menjadi tempat kopdar, bengkel MOTOPLUS juga bengkel rujukan buat SOLID untuk servis dan boor up mesin.

Sedangkan kopdar malam harinya di Jl. Kalimalang, Caman, Bekasi yang diagendakan setiap Sabtu malam Minggu. Biasanya mereka lanjut dengan rolling thunder buat melatih skill dan edukasi safety riding. Kadang mereka juga menggelar kopdar gabungan (Kopdargab). Seperti yang dilakukan beberapa minggu lalu di lokasi kopdar malam.

Biasanya setelah malam menggelar Kopdargab, dilanjutkan pagi harinya dengan latihan bersama (Latber). Dalam Dalam Latber ini mereka melatih fisik buat yang suka grasstrack, atau member yang hoby trabas atau adventurer.

“Kebetulan tidak jauh dari basecamp kita ada sirkuit non permanen yang berlokasi di belakang Gowet Grandwisata, Bekasi. Bersama all komunitas yang juga latihannya ditempat itu, salah satunya dari teman-teman team Rongos. Selain latihan bersama, juga sebagai ajang sillaturahmi dan melatih fisik dan skill didunia grasstrack dan trabas atau adventur,” lanjut Bro Jadoen.

Selain itu, masih banyak kegiatan lainnya yang dilakukan oleh SOLID dan sudah menjadi program kerjanya. Diantaranya mereka baru saja menggelar acara family gathering pada tanggal 7 – 8 November 2020 lalu di Cigombong, Sukabumi. Medannya cukup ekstrim, terjal berbatuan dan banyak halang rintang dari semak belukar dan pepohan liar.

“Memang untuk mencapai titik lokasi villa harus melewati jalan tanah dengan kondisi alam yang ekstrim. Apa lagi bila hujan mengguyur, pasti tambah sulit jalurnya. Hampir semua member ikut buat menjaga kekompakkan. Kita juga sering melakukan bakti sosial untuk mengasah kepudilian jiwa sosial buat semua member SOLID,” tutup Bro Jadoen. (Rif/AB)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.