BHASIC Ingatkan, Kelelahan Menjadi Pemicu Terjadinya Kecelakaan Lalu lintas

AlanBIKERS.com – Bekasi Honda Streetfire Club (BHASIC) menghimbau masyarakat khususnya para pengguna sepeda motor untuk segera beristirahat jika mengalami kelelahan saat berkendara. Ini disampaikannya didalam kegiatan implementasi sebagai finalis dari ajang Safety Campaign Award (SCA) 2019 di lingkungan PT Matra Roda Piranti, Kawasan Industri MM 2100 Cibitung, Bekasi, Sabtu (30/11).

“Maksud dan tujuan kami membuat agenda ini adalah untuk memberikan informasi mengenai keselamatan berkendara yang mengusung tema ‘Lelah’. Disini kami berikan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keselamatan berlalu lintas yang diakibatkan oleh faktor kelelahan pengendara karena kegiatan berlebih, kesehatan dan aktifitas pekerjaan,” ujar Bro Chandra Abimanyu, Ketua Pelaksana.

Ki-Ka : Bro Chandra dan Lazuardi Ramadhan, HRD-GA PT. Matra Roda Piranti.

Didalam kegiatan ini BHASIC menghadirkan  pemateri yang ahli dalam bidangnya yaitu Rio Octaviano (Board of Honour – Road Safety Association), Diany Syahdin (Certified Yoga Teacher RYT 200) dan dr. Shyanty, MARS agar dapat memberikan pengetahuan mengenai lelah dalam bekendara dan bagaimana cara mengatasinya.

Peserta yang terdiri dari karyawan PT Matra Roda Mandiri ini mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar faktor-faktor penyebab kelelahan dan cara mengatasinya. Rasa lelah dalam berkendara sering kali menjadi faktor utama dalam kecelakaan lalu lintas. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya kurang tidur, aktivitas berlebih dan faktor kesehatan.

Tumbuhnya rasa lelah ketika berkendara akan mengurangi tingkat konsentrasi yang sangat membahayakan. Kelelahan adalah faktor yang sangat menentukan tingkat konsentrasi seseorang. Dimana, ketika seseorang merasakan hal ini akan mengalami penurunan konsentrasi.

Sharing dan pendalaman materi mengenai keselamatan berkendara ini juga diselingi dengan tanya jawab, lalu Yoga session yang melatih cara peregangan/streching setelah melakukan aktifitas pekerjaan sebelum pulang, kemudian pelatihan cara berkendara yang baik dan benar lewat Safety Riding Practice.

Lewat kampanye ini diharapkan masyarakat dapat selalu mengutamakan keselamatan diri dan orang lain saat berkendara di jalan raya. Dengan semakin banyaknya kepedulian masyarakat terhadap keselamatan berkendara, maka angka kecelakaan pun akan turun.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pihak PT. Matra Roda Piranti yang sudah bersedia memberikan waktu dan tempat agar berlangsungnya agenda ini, dan terima kasih pula kepada para pemateri yang sudah menyempatkan hadir di dalam acara ‘Safety Riding Training’, juga kepada rekan-rekan panitia atas kerja kerasnya demi berjalannya agenda ini. Semoga dengan kegiatan ini akan memberikan pengetahuan untuk kita semua,” tutup Bro Chandra.

0Shares

Tinggalkan Balasan