Pelantikan dan Pengukuhan YR15CI@Jakarta Sarat Akan Edukasi dan Fun Games

AlanBIKERS.com – Eksitensinya sebuah klub/ komunitas, baik yang lama maupun yang baru terbentuk tak lepas dari AD/ ART yang mereka buat. Salah satunya yang diatur  adalah mekanisme regenerasi dalam struktur kepengurusan serta anggotanya, karena ini menjadi faktor yang menentukan keberlangsungan klub/ komunitas tersebut.

Atas dasar inilah, Yamaha R15 Club Indonesia @Jakarta (YR15CI@Jakarta) intens melakukan regenerasi. Seperti yang mereka lakukan awal bulan lalu, dibarengi dengan kegiatan Touring Wajib (Tourjib) VI, mereka melaksanakan pelantikan anggota baru angkatan VI dan pengukuhan anggota.

Dengan mengusung tema ‘Together We Strong’, rangkaian acara mereka ini mengambil lokasi di area objek wisata alam Sariater – Pemandian Air Panas, Subang, Jawa Barat, Sabtu-Minggu (2-3/3). Pelantikan anggota baru kali ini diikuti sebanyak 24 orang dan pengukuhan ada 9 orang.

Seperti yang dijelaskan oleh Bro Agam #097, Ketua Umum YR15CI@Jakarta sekaligus Penanggung Jawab acara, pelantikan dilakukan untuk mengesahkan calon anggota menjadi anggota resmi klub, ditandai dengan pemberian NRA (Nomor Registrasi Anggota) dan penempelan stiker pada motornya.

Bro Agam (depan) saat di lokasi acara.

Sedangkan pengukuhan adalah proses penyempurnaan keanggotaan yang sudah dilantik pada agenda tourjib sebelumnya, ditandai dengan penyerahan peneng untuk ditempelkan pada plat nomor motor anggota tersebut.

“Padahal saya cuma minta 10 anggota baru, tapi diberi 24 anggota. Terima kasih untuk panitia dan Divisi Membership yang memberikan waktu, tenaga dan fikirannya demi kesuksesan Tourjib VI ini. Semoga pelantikan dengan mengedepankan edukasi ini menjadi contoh bagi klub atau Komunitas lainnya, karena metode penyiksaan tidak memiliki faedah sama sekali untuk sebuah perkumpulan ataupun jat idiri biker itu sendiri,” ujar Bro Agam.

 

Selama dua hari kegiatan ini, banyak keseruan yang mereka lakukan, diisi dengan beragam permainan yang melatih ketangkasan dan kekompakan tim. Salah satunya permainan Ular Naga, diikuti 3 tim dimana mata semua pesertanya ditutup kecuali Leader yang paling belakang, membantu mengarahkan laju timnya untuk mencari letak 3 buah helm. Tim yang pertama berhasil mendapatkan 3 helm menjadi pemenangnya.

“Games ini untuk melatih solidaritas dan kekompakan serta membangun kepercayaan terhadap leader yang sudah ditunjuk,” jelas Bro Agam.

Selain itu, ada juga sharing session dimana ada tanya jawab dan keluh kesah tentang klub, kemudian prosesi pengukuhan anggota lama dan pengambilan peneng. Berendam di air panas sambil menerima bimbingan dan pengarahan dari pengurus dan annggota senior.

Untuk calon anggota yang akan dilantik mendapat tugas khusus dari Ketum YR15CI@Jakarta, dibagi menjadi 4 tim, mereka ditugaskan untuk mengetahui wawasan tentang sejarah Klub, biografi senior dan tanggung jawab sebagai Bikers pada umumnya.

Bro Ali (kiri) saat prosesi penyerahan sertifikat.

“Alhamdulillah, acara ini berjalan lancar, banyak konsep baru yang diterapkan pada Tourjib kali ini, yang paling utama adalah sama sekali tidak ditemukan adanya unsur penyiksaan terhadap calon anggota, sebagaimana arahan langsung dari Ketum. Anggota baru benar-benar dibekali pengetahuan tentang sejarah klub, memahami aturan dan tanggungjawab sebagai bikers,” ujar Bro Wafa Ali #028 selaku Ketua Panitia.

Bro Ali menyampaikan, didalam acara mereka ini juga kedatangan tamu dari YR15CI@Subang, sebagai tim support yang membantu mengondisikan acara touring wajib VI. “Anggota pun diperbolehkan mengajak keluarga atau pasangannya dalam kegiatan ini, jadi mereka tahu dan menyaksikan langsung bagaimana kami melakukan pelantikan dan pengukuhan terhadap anggota,” tutup Bro Wafa.

92Shares

Satu tanggapan untuk “Pelantikan dan Pengukuhan YR15CI@Jakarta Sarat Akan Edukasi dan Fun Games

  • 28/03/2019 pada 7:36 pm
    Permalink

    Semoga minimalisir perselisihan antara kita.Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *