Tourgab VRCI Wilayah Jabar Part 3 Usung Tema Napak Tilas Pangkal Perjuangan

AlanBIKERS.com – Jika kebanyakan bikers dari klub/ komunitas melakukan kegiatan touring sesama anggotaya atau gabungan biasanya menyasar lokasi wisata alam, berbeda yang dilakukan oleh para bikers pengguna Honda Verza yang tergabung didalam VRCI (Verza Rider Community Indonesia) wilayah Jawa Barat.

Mereka belum lama ini melaksanakan touring gabungan (Tourgab) dimana yang menjadi tujuannya adalah tempat bersejarah, bahkan lokasinya belum banyak orang mengetahuinya. Dengan tema ‘Napak Tilas Pangkal Perjuangan’, Tourgab rutin tahunan yang ketiga ini mereka mendatangi lokasi wisata sejarah yang berada di wilayah Karawang, Jawa Barat, Sabtu – Minggu (24-25/11).

Tourgab yang diikuti oleh 14 Region VRCI se-Jawa Barat ini berkumpul dan bermalam terlebih dahulu pada hari Sabtu (24/11) di rumah salah satu penduduk yang sengaja disewa oleh VRCI Karawang selaku tuan rumah. Disini mereka menggelar malam keakraban, bersilaturahmi dan lepaskan kangen antar anggota yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Keesokan harinya, Minggu pagi (25/11) acara dilanjutkan riding menuju monumen Rawagede yang berada di pinggir jalan sebelah utara Dusun Rawagede, Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta. Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa pembantaian oleh militer Belanda saat melancarkan agresi militer pertama tahun 1947 di Karawang, saat peristiwa ini terjadi sebanyak 431 warga sipil tewas menjadi korban akibat serangan tentara Belanda yang membabi buta.

Selama di Monumen Rawagede para bikers ini mendengar langsung kisah pembantaian oleh Belanda tersebut dari Sukarman, Ketua Yayasan Monumen Rawagede yang juga keturunan dari salah satu korban peristiwa kelam di Rawagede tersebut. Disini rombongan VRCI ini melakukan do’a bersama di Taman Makam Pahlawan Sampurna Raga yang lokasinya satu area dengan Monumen Rawagede.

Rangkaian Tourgab ini dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu situs bersejarah di daerah Karawang, yaitu Candi Jiwa dan Candi Blandongan, kemudian dilanjutkan riding ke Rengas Dengklok, tepatnya mendatangi rumah yang menjadi tempat pengasingan Soekarno.

“Tourgab kali ini kami lakukan agar lebih mengetahui sejarah negeri ini dan perjuangan para pahlawan. Disini kami mendengar langsung dari nara sumbernya dan ini semakin menanamkan jiwa Nasionalisme kami terhadap Negeri ini,” ujar Bro Irfan dari VRCI Bekasi yang juga Ketua VRCI Wilayah Jawa Barat.

“Selain lebih mengenal lokasi wisata sejarah, dalam Tourgab ini kami juga semakin mempererat jalinan silaturahmi antar anggota VRCI se-Jabar,” lanjut Bro Arsyad dari VRCI Region Karawang selaku Ketua Pelaksana Tourgab Wilayah Jabar ketiga ini.

56Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.