AHM Latih Para Guru SMK untuk Kuatkan Kualitas Pengajar

AlanBIKERS.com – Guna menguatkan kompetensi mengajar pada guru, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar pelatihan teknik mengajar (Pedagogi) bagi para guru SMK binaan di seluruh Indonesia.

Dalam program pelatihan Pedagogi yang dilaksanakan pada 12 – 13 Agustus 2021, sebanyak 81 guru mendapatkan berbagai ilmu seputar pengetahuan dan kemampuan untuk mendidik, serta cara menyelenggarakan program pembelajaran yang efektif kepada para siswa SMK. Pada hari pertama, para peserta guru mendapatkan materi dasar berupa Be A Great Trainer yakni pengetahuan dasar-dasar menjadi seorang pengajar seperti sapa, salam dan kemampuan dasar di depan kelas.

Setelah mendapatkan ilmu dasar mengajar, para guru mendapatkan materi Impactful Online Class Trainer yaitu membuat proses mengajar lebih menyenangkan dengan cara mengajar yang menarik untuk para siswa didik. Pelatihan dilanjutkan dengan materi persiapan kelas seperti mempersiapkan materi, mempersiapkan alat dan bahan mengajar serta kebutuhan mengajar dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh para siswa.

Peserta pelatihan merupakan perwakilan guru dari 27 Main Dealer Astra Honda seluruh Indonesia yang berhasil meraih peringkat satu hingga peringkat tiga dalam ajang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online Guru 2021 tingkat regional. Tahun ini, pelatihan Pedagogi berlangsung dalam 4 batch dan dilakukan secara bertahap bagi guru di 687 SMK TBSM Astra Honda. Selama kegiatan Pedagogi yang dilaksanakan tahun ini, para guru mendapatkan pelatihan secara langsung dari tim Learning Center AHM.

Selain para guru, AHM telah melaksanakan pelatihan serupa kepada 30 instruktur Technical Service jaringan Main Dealer Astra Honda di seluruh Indonesia pada bulan Juni. Para instruktur Honda ini mendukung implementasi Kurikulum TBSK Astra Honda melalui pengajaran beragam materi mengenai perkembangan teknologi sepeda motor Honda kepada para guru di seluruh Indonesia.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan berbagai program terus digulirkan untuk tetap menjaga kompetensi guru SMK TBSM Astra Honda yang menjadi salah satu ujung tombak dalam proses belajar mengajar. Para guru berperan penting dalam menyiapkan tenaga muda terampil melalui sistem pendidikan link and match antara Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) di Indonesia.

”Kegiatan pelatihan guru SMK serta para instruktur Technical Service jaringan Main Dealer menjadi terobosan inovasi yang kami lakukan untuk menghadirkan tenaga pengajar yang unggul di bidang vokasi. Kami berharap kegiatan pelatihan bagi guru-guru di SMK binaan ini dapat mendukung terciptanya pendidikan vokasi yang lebih adaptif dengan perkembangan situasi saat ini,” ujar Muhibbuddin.

Dalam mendukung kemajuan dunia vokasi di Tanah Air, AHM bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda sebagai bagian sistem pembelajaran dengan standar kompetensi yang dituntut oleh dunia kerja. Hal ini dilakukan melalui penyusunan bahan ajar, pelatihan dan sertifikasi guru, praktik kerja di industri, uji kompetensi siswa, teaching factory (TEFA), dan laboratorium praktik standar industri. Hingga saat ini, AHM sendiri sudah mempunyai 687 SMK binaan dengan jurusan TBSM Astra Honda di 34 provinsi di Indonesia dengan jumlah guru produktif tercatat 3.462 orang. (AHM/AB)

 

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.