Yamaha Lexi Dimodif Punya Shock Ganda

AlanBIKERS.com – Baba Zeal berseru kegirangan ketika mendapatkan hadiah giveaway berupa satu set shock RCB V Series untuk Yamaha Nmax. Sayangnya, motor yang ditungganginya sehari-hari adalah Yamaha Lexi. Ia pun berpikir untuk merubah single shock bawaan Lexi menjadi ganda…

Yamaha Lexi 125cc yang biasa dipakai Baba Zeal setiap harinya memang kerap dijadikan sebagai sarana untuk mengangkut barang-barang berat. Memodifikasi shock bawaan Lexi adalah yang pertama kali terbesit dalam pikirannya. “Motor kesayangan gue ini memang sering dipake buat bawa barang-barang yang lumayan berat. Kayaknya kalo pake double shock akan lebih mantap nih,” pikirnya.

Salah satu Founder YLCJ ini pun langsung bergerak guna memuluskan niatnya tersebut. Ia catat semua parts yang dibutuhkan, seperti arm Aerox original full set termasuk bearing, seal dan sebagainya, serta bosh shock sebelah kanan yang nempel di arm Aerox. Baba juga tidak lupa membeli anting-anting original Mio yang nantinya akan disambungkan pada rangka atas sebelah kanan.

Dari konsep hingga pemasangan semuanya dikerjakan sendiri oleh Baba. Ia mengaku tidak butuh waktu lama untuk modifikasi double shock ini. “Gue kerjain sendiri di rumah, kecuali pengelasan gue bawa ke tukang las listrik deket rumah dengan biaya enggak lebih dari 50 ribu. Murah dan dijamin ketahanannya,” ungkap Baba Zeal.

Usai dilas, anting-anting sudah menempel di rangka Lexi disemprot cat Diton Premium. Hal ini untuk mencegah bekas las tidak berkarat. Spakbor belakang sebelah kanan bawah perlu dicoak untuk menyesuaikan posisi anting-anting. Sebagai finishing, Baba tinggal merakit semua bodi Lexi.

Baba Zeal mengaku cuma merogoh kocek tidak kurang dari 500 ribu saja diluar dari giveaway. Semua itu untuk membeli parts dan biaya pengelasan. Dikerjakan sendiri, Baba membutuhkan waktu selama 2 hingga 3 jam. Hasilnya, motor lebih stabil dan shock RCB V Series yang dipakai lebih soft dikarenakan ada setelan reboundnya.

Buat para pengguna Yamaha Lexi yang mau ikutan memodfikasi motornya jadi double shock, Baba Zeal menyarankan utnuk tidak perlu membeli arm Aerox full set. Cukup arm dan bosh-nya saja karena part lainnya masih bisa pakai bawaannya Yamaha Lexi. “Kecuali jika parts yang mendukung arm Yamaha Lexi sudah pada rusak, ya wajib beli dan diganti,” wanti Baba.

Di akhir cerita, Baba Zeal juga kasih saran buat pengguna Yamaha Lexi yang mau ganti dengan double shock bisa pakai double shock milik Yamaha Aerox dengan standar ketinggian 300-310. “Karena double shock buat Nmax punya ketinggian 330. Membuat postur Lexi akan tambah tinggi,” pungkasnya. (BBZ/AB)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.