Michelin Indonesia Keluarkan Deklarasi 10 Golden Rules Road Safety Diakhir MSA 2018

AlanBIKERS.com – Mengakhiri rangkaian kegiatan Michelin Safety Academy (MSA) 2018 yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, PT Michelin Indonesia mengeluarkan Deklarasi 10 Golden Rules mengenai keselamatan berkendara.

Penandatanganan deklarasi dilakukan di Teater Tertutup Dago Tea House Bandung, Sabtu (20/10) saat wisuda (Graduation Day) 500 pelajar dari 20 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat.

Deklarasi ini ditandatangani antara lain oleh President Director Michelin Fritz Mueller, dan pihak Kepolisian Resor Kota Besar Bandung. Michelin juga mengundang atlet peraih medali emas Asian Games 2018 dari cabang olahraga balap sepeda gunung Tiara Andini Prastika, dan cabang olahraga panjat tebing Abu Dzar Yulianto, serta perwakilan siswa SMA dan SMK di wilayah Jawa Barat.

Isi Deklarasi 10 Golden Rules tersebut adalah (1) Memakai sabuk pengaman, (2) Mematuhi peraturan lalu lintas, (3) Mematuhi batas kecepatan, (4) Memperhatikan Kebugaran, (5) Melindungi anak-anak di belakang saya, (6) Selalu siaga saat mengemudi, (7) Berhenti saat saya merasa lelah, (8) Memakai helm saat bermotor/bersepeda, (9) Berperilaku santun di jalan dan (10) Memeriksa ban.

President Director Michelin Indonesia Fritz Mueller mengatakan, Deklarasi 10 Golden Rules merupakan bentuk kepedulian Michelin terhadap keselamatan berkendara bagi seluruh masyarakat Indonesia. Michelin Safety Academy menjadi ajang bagi para siswa yang menjadi pengendara pemula agar dapat mengetahui bagaimana cara berkendara yang baik dan benar di jalan.

“Jika sebelumnya kegiatan ini selalu berpusat di ibu kota, kali ini kami ingin mengajak generasi muda Jawa Barat, terutama Bandung, Cimahi, Sumedang, dan sekitarnya, untuk turut mengambil bagian dalam penerapan 10 Golden Rules di daerah masing-masing,” ujar Fritz.

Public Affairs and Corporate Communications Director Michelin Indonesia Nora Guitet menjelaskan, MSA 2018 bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran mengenai road safety kepada pengendara pemula untuk menekankan betapa pentingnya memahami faktor keamanan, termasuk mengenal kondisi kendaraan seperti ban yang merupakan satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan raya.

Dalam kegiatan ini Michelin Indonesia bekerjasam dengan Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Ikatan Motor Indonesia. Michelin juga memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk mengikuti test pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Selain itu, Michelin juga memberikan pelatihan defensive driving bagi pengendara penyandang disabilitas dan pengemudi Grab.

Dalam kegiatan kali ini Michelin mendaulat dua atlet Asian Games tersebut sebagai Duta Keselamatan Berkendara. Kemudian, dua perwakilan dari 500 pelajar yang ikut MSA 2018 akan diangkat menjadi perwakilan Student Ambassador.

“Kami memilih atlet pemenang Asian Games sebagai Duta Keselamatan Berkendara mengingat tahun ini Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional bergengsi di dunia. Michelin turut merasa bangga dengan prestasi yang diraih para atlet dalam mengharumkan nama bangsa. Kami juga mendorong para Student Ambassador terpilih untuk menjadi pelopor keselamatan berkendara di tengah-tengah masyarakat,” tutup Nora. (RLS/AB)

16Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *