Bro Gunadi (FRI) : Touring Mancanegara, Kelengkapan Dokumen dan Dukungan Pemerintah Sangat Penting

AlanBIKERS.com – Bagi bikers yang sudah banyak jam terbangnya touring menjelajah mengelilingi nusantara tentu ada keinginan atau mimpi ingin menjelajah keluar negeri, menikmati segala keindahan alam dan keunikan dari negara-negara yang dikunjungi.

Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui oleh para biker jika ingin touring menjelajah keluar negeri. Disampaikan oleh Bro Gunadi, Ketua Freeriders Indonesia (FRI) sebuah wadah/ asosiasi yang mewadahi biker penyuka jelajah nusantara dan mancanegara.

Disini Bro Gunadi berbagi tips yang dirangkum dari pengalaman para riders Indonesia yang sudah touring ke mancanegara.

Kesiapan Dokumen, Perijinan dan Permit

Beberapa dokumen perjalanan touring dengan sepeda motor yang diperlukan antara lain adalah Paspor, SIM International, Carnet de Passage IMI (paspor motor), Visa pada negara-negara tertentu, dan tentunya Asuransi Internasional.

Dukungan Pemerintah

Bagi para riders yang touringnya sangat jauh (luar negeri), dukungan pemerintah (Government) sangat diperlukan, hal ini terkait permit (ijin) dan syarat dari negara tujuan agar motor kita bisa masuk ke negara yang dituju.

Surat Rekomendasi dari Government dan Nota Diplomatik dari Kementerian Luar Negeri mutlak diperlukan jika negara-negara tujuan menolak visa dan tidak mengakui adanya Carnet de Passage IMI.

Sebut saja Thailand dan Myanmar sebagai salah satu contohnya, saat ini kedua negara tersebut adalah negara yang sulit bagi riders Indonesia untuk touring membawa masuk motornya melewati negara tersebut, jikapun diperbolehkan masuk akan dikenakan biaya yang sangat besar ketika masuk di perbatasan kedua negara tersebut.

Namun itu semua tentu tidak akan menjadi hambatan yang berarti jika riders memiliki niat yang kuat dan bermental baja untuk mewujudkan impian jelajah dunia. Kemudian didukung motor yang ditunggangi, dianjurkan dengan motor dual purpose dan harus milik sendiri karena terkait pengurusan ijin dan permit, pastikan motor dalam kondisi fix dan prima.

Dana sangat penting, sudah dipastikan dana yang dibutuhkan juga cukup besar. Untuk mensiasatinya dengan menabung dan dukungan sponsorship.

“Freeriders Indonesia sebagai salah-satu wadah bagi riders dalam touring mancanegara dapat membantu para riders yang ingin mewujudkan mimpinya touring jelajah dunia. Semoga tema “Indonesia Around the World” menjadi fokus dan tujuan para riders Indonesia untuk mengibarkan merah putih di seluruh pelosok mancanegara,” ujar Bro Gunadi.

55Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.